Sukses

Food

5 Tips Goreng Singkong Renyah dan Matang Sempurna

Fimela.com, Jakarta Sedang ingin menikmati gorengan singkong yang renyah dan enak tapi masih bingung cara membuatnya? Berikut ini ada sejumlah tips goreng singkong renyah yang bisa langsung dicoba.

Mulai dari pemilihan singkong hingga penambahan bahan tertentu perlu dilakukan bila ingin mendapatkan hasil singkong yang renyah dan matang sempurna. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini. Langsung saja ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

 

 

1. Pilih Singkong Berkualitas Bagus

Sebisa mungkin hindari singkong yang bopeng atau berwarna kehitaman. Hindari yang teksturnya terlalu keras. Pilih singkong berkualitas bagus yang ditandai dengan umbi berwarna putih kekuningan. Saat dikupas, permukaan singkong mulus dan tidak ada yang tampak cacat.

 

 

2. Rebus Singkong Sampai Empuk

Sebenarnya bisa saja membuat gorengan singkong dengan cara langsung menggoreng singkong mentah yang sudah dipotong dan dibumbui. Namun, kalau ingin hasil gorengan yang lebih renyah sebaiknya singkong direbus lebih dulu. Setelah dikupas dan dicuci, lalu dipotong-potong, singkong perlu direbus sampai empuk. Setelah itu, angkat dan tiriskan.

 

 

3. Rendam Singkong Rebus dalam Air Es

Siapkan wadah berisi air dan es batu. Tambahkan bumbu halus yang terdiri dari bawang putih, ketumbar, dan garam. Kalau ingin hasilnya nanti berwarna kuning cerah bisa tambahkan kunyit halus atau kunyit buuk. Rendam singkong rebus dalam air es. Diamkan sealam sekitar 1 jam.

 

 

4. Bisa Pakai Baking Soda sebagai Alternatif Mudah

Baking soda juga bisa ditambahkan untuk menghasilkan singkong goreng yang lebih renyah. Cukup tambahkan air soda dalam air es dan bumbu. Aduk rata. Kemudian, singkong rebus bisa direndam selama sekitar 1 jam. Proses perendaman ini bisa membuat singkong mengembang.

 

 

5. Goreng dalam Minyak Banyak

Siapkan wajan dengan minyak yang cukup banyak. Panaskan dengan api sedang. Setelah minyak panas, goreng singkong (sebisa mungkin semua singkong terendam minyak) sambil sesekali dibalik agar matang merata. Bila ingin mendapatkan rasa yang lebih gurih, bisa tambahkan margarin ke minyak untuk menggoreng singkong.

Itu tadi sejumlah tips goreng singkong renyah yang bisa dicoba. Semoga infonya bermanfaat, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading