Sukses

Food

5 Tips Memotong Bawang agar Tidak Pedih yang Wajib Dicoba

Fimela.com, Jakarta Bawang menjadi salah satu bumbu masakan yang penting agar tercipta masakan yang makin lezat, sedap dan mantap. Namun sayangnya, saat menggunakan bawang terutama saat memotongnya, kita kerap menemukan mata jadi pedih dan tidak nyaman. Adanya senyawa tertentu dalam bawang terutama pada bawang merah, ini memang bikin mata pedih dan mengeluarkan air mata. 

Lantas, bagaimana caranya agar mata tak pedih saat mengupas atau pun memotong bawang? Beberapa tips berikut ini semoga membantumu Sahabat Fimela. Simak baik-baik dan terapkan di rumah.

Potong Ujung dan Pangkal Bawang

Sebelum mengupas atau memotong bawang, usahakan memotong ujung dan pangkal bawang. Hal ini memungkinkan senyawa pada bawang akan keluar dan meminimalisir risiko mata pedih. Memotong ujung dan pangkal bawang, berfungsi mengurangi kadar air dalam bawang yang biasanya bikin pedih.

Rendam Bawang dengan Air Es

Kamu juga bisa merendam bawang dengan air es atau air dingin biasa sebelum memotongnya. Hal ini meminimalisir risiko mata pedih karenanya. Namun sayangnya, tips ini bisa membuat bawang yang digoreng tidak cepat matang serta kering. Mengingat kandungan air dalam bawang akan semakin bertambah.

Dekatkan Garam

Dekatkan garam dari bawang yang akan kamu potong. Taruh garam di wadah mangkuk atau piring kecil dan dekatkan dengan posisimu untuk mengiris bawang. Tips ini membantumu tidak lagi merasa pedih saat memotong bawang.

Gunakan Pisau Tajam

Pisau yang tajam, akan membantumu lebih cepat dalam memotong bawang. Semakin cepat kamu mengiris bawang, akan semakin rendah risiko mata pedih karena aktivitas ini. Pisau yang tajam, juga memungkinkanmu memotong bawang dengan irisan yang sejajar atau memiliki ketebalan yang sama.

Nyalakan Kipas Angin

Potong bawang di dekat kipas angin. Cuaca yang dingin atau rendah, lebih memungkinkan bawang tidak menimbulkan pedih. Kamu juga bisa memotong bawang di ruangan terbuka agar terhindar dari risiko mata pedih karena memotong bawang. 

Itulah sekian tips memotong bawang agar mata tidak pedih. Jika Sahabat Fimela memiliki tips lainnya yang biasa digunakan dan berbeda dari tips di atas, tak ada salahnya untuk berbagi dengan kita yang ada di sini. Semoga tips ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading