Sukses

Food

4 Tips agar Cabe Tidak Cepat Busuk dengan Cara Simpel

Fimela.com, Jakarta Menyimpan stok cabai di rumah memang perlu perhatian khusus. Karena kalau salah dalam menyimpannya, cabai bisa cepat busuk. Selain itu ada hal-hal yang perlu diperhatikan agar cabai bisa disimpan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Berikut ini ada empat tips agar cabe tidak cepat busuk yang bisa langsung dicoba. Dengan cara simpel dan trik mudah, kita bisa menyimpan stok cabai agar bisa lebih tahan lama. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Tambahkan Bawang Putih dalam Wadah

Pisahkan cabai dari tangkainya. Cabai tak perlu dicuci, hanya perlu dilap saja sampai bersih. Lalu, siapkan wadah bersih yang diberi alas tisu di bagian bawah dan sekeliling wadah bagian dalam. Masukkan semua cabai yang ingin disimpan dalam wadah, tapi jangan sampai kepenuhan. Masukkan satu siung bawang putih yang sudah dikupas di atas cabai. Bawang putih memiliki sifat sebagai anti bakteri, yang bisa menghambat perkembangbiakan bakteri di dalam cabai, sehingga bisa menghambat proses pembusukan cabai. Kemudian, tutup wadah sampai rapat. Setelah itu, simpan dalam kulkas (bukan di freezer).

 

 

2. Simpan dalam Kantong

Pilih cabai yang masih bagus. Buang cabai yang sudah busuk agar tidak menular ke cabai lainnya. Cabai tidak perlu dicuci sebelum disimpan, cukup dilap atau diangin-anginkan agar kadar air di bagian luar cabai berkurang. Lalu, masukkan cabai ke kantong kertas atau kantong plastik. Ikat rapat atau tutup rapat kantong, kemudian simpan cabai di lemari es.

 

 

3. Cabai Dikeringkan Lebih Dulu

Agar cabai yang bisa bertahan sampai berbulan-bulan dan tidak gampang busuk, cara menyimpannya adalah dengan mengeringkan cabai kemudian menyimpannya di wadah tertutup. Tempatkan cabai kering di wadah yang kering pula. Cabai yang sudah dalam keadaan kering bisa lebih awet dan tidak gampang busuk. Ketika hendak digunakan, cabai kering cukup direndam dengan air panas atau langsung dihaluskan bersama bumbu lain seperti biasa.

 

 

4. Simpan dalam Wadah Kedap Udara

Hindari membeli cabai yang sudah terkena air atau basah. Ini akan membuatnya mudah busuk dalam waktu singkat. Kalau cabai masih basah atau lembap, angin-anginkan lebih dulu. Setelah itu cabai bisa disimpan dalam wadah kedap udara. Hindari menyimpan cabai yang sudah dipotong di dalam lemari es karena ia akan jauh lebih cepat busuk dan bahkan mempercepat cabai lain cepat busuk.

Itu tadi empat tips agar cabe tidak cepat busuk yang bisa langsung dicoba. Semoga infonya bermanfaat, ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading