Sukses

Food

5 Manfaat Jus Pare untuk Kesehatan dan Resepnya Agar Tidak Pahit

0(0)

Waktu Pembuatan10 Menit
Jumlah Porsi1 Porsi

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Fimela.com, Jakarta Pare selama ini dikenal sebagai bahan makanan yang identik dengan rasa pahitnya. Meski begitu, pahit pada pare akan terbayar tuntas dari manfaat yang disuguhkan olehnya. Mengutip dari laman healthline.com, pare memiliki segudang manfaat mengesankan buat tubuh. 

Untuk mendapatkan manfaat sehat dari pare sendiri, kita bisa mengonsumsi pare dengan cara memasaknya menjadi olahan yang sedap, sekedar mengukus atau merebusnya, memakan secara langsung sebagai lalapan atau membuatnya sebagai jus. Dengan cara yang tepat, kita bisa dapatkan jus pare yang segar dan terbebas dari rasa pahit. 

Inilah sekian manfaat jus pare buat kesehatan. 

Memperlambat Risiko Penuaan Dini

Penuaan dini adalah masalah kesehatan semua orang. Pola makan, gaya hidup dan stres pemicu meningkatnya risiko penuaan dini. Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa mengonsumsi jus pare. Beberapa penelitian menyebutkan jika jus pare yang dicampur dengan madu atau pemanis alami lain, mampu memperlambat risiko penuaan dini secara lebih baik. Nutrisi pada pare sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Mencegah dan Mengobati Diabetes

Nutrisi yang terkandung di dalam pare mampu menurunkan kadar glukosa berlebih dalam tubuh penyebab diabetes. Inilah alasan kenapa pare bermanfaat mencegah dan mengobati risiko diabetes. Agar nutrisi pada pare yang terserap lebih baik, sebaiknya sajikan jus pare dengan pemanis alami seperti madu atau gula jagung yang rendah glukosa. 

Baik untuk Sistem Pencernaan

Para ahli merekomendasikan agar kita konsumsi jus pare ketika ingin memiliki sistem pencernaan yang sehat. Dalam buah pare, mengandung cairan tertentu yang bisa melancarkan sistem pencernaan. Ini juga membuat sistem pencernaan lebih sehat, bekerja lebih optimal dan terasa lebih nyaman.

Menurunkan Berat Badan

Salah satu cara terbaik untuk menurunkan berat badan adalah dengan konsumsi jus pare secara teratur. Tak hanya menurunkan berat badan, jus pare bikin tubuh terasa lebih segar, bugar dan ringan.

Mencegah & Mengobati Asma

Nutrisi dan vitamin yang terkandung di dalam pare sangat baik untuk kesehatan saluran pernafasan. Studi menemukan jika nutrisi dan berbagai vitamin pada pare, bisa melawan alergi, mencegah serta mengobati asma. Ini juga bermanfaar mencegah beragam masalah kesehatan pernafasan lain yang cukup mengganggu bahkan berisiko untuk keselamatan seseorang. 

Itulah sekian manfaat jus pare buat kesehatan. Meski pare memiliki banyak manfaat, mengonsumsi jus pare atau olahan lain dari pare tidak disarankan bagi ibu hamil. Dikhawatirkan, ini bisa meningkatkan risiko kontraksi dini bahkan keguguran. Dan untuk membuat jus pare yang segar tanpa rasa pahit, simaklah resepnya di bawah ini.

Resep Jus Pare Anti Pahit dan Langu

Bahan

  • 1 buah pare ukuran sedang
  • 2 gelas belimbing air
  • Madu, secukupnya (jika suka untuk pemanis)

Cara Membuat

  1. Siapkan buah pare. Buang isi dan bagian dalamnya hingga benar-benar bersih. Potong jadi beberapa bagian dan cuci bersih. 
  2. Blender pare bersama air yang disiapkan hingga halus. 
  3. Jus pare yang sudah halus, diamkan beberapa saat hingga ampasnya atau sari patinya mengendap. 
  4. Saring jus pare ke dalam gelas secara pelan dan hati-hati. Jika muncul busa dan ampas pada saringan, biarkan saja dan jangan dipenyet. Inilah yang menyebabkan pare berasa pahit. 
  5. Beri tambahan madu pada jus pare yang sudah disaring, aduk rata. Diamkan lagi beberapa saat. 
  6. Sajikan pare tanpa harus diaduk lagi. 

Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba membuat jus pare di rumah. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Loading