Sukses

Lifestyle

7 Manfaat Air Rebusan Pare yang Bisa Menurunkan Berat Badan

Fimela.com, Jakarta Pare termasuk sayuran yang memiliki rasa pahit, tetapi bisa diolah menjadi berbagai macam kreasi masakan, serta memiliki gizi dan nutrisi yang lengkap.

Pare memiliki kandungan seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B9, magnesium, fosfor, kalium, kalsium, zat besi dan zinc, yang berfungsi untuk membantu menjaga kesehatan tubuh.

Jarang diketahui, tetapi air rebusan pare juga bisa dikonsumsi dan baik untuk menurunkan berat badan. Selain itu, air rebusan pare ini juga bisa menjaga sistem imunitas tubuh agar tetap sehat. Berikut manfaat air rebusan pare.

Manfaat Air Rebusan Pare untuk Tubuh

1. Menurunkan Berat Badan

Manfaat air rebusan pare yang pertama, yaitu bisa membantu menurunkan berat badan. Karena pare memiliki kandungan yang tinggi serat dan rendah kalori. Tentu saja, jangan lupa diimbangi dengan mengonsumsi makanan sehat lainnya, serta lakukan olahraga secara rutin untuk menurunkan berat badan.

2. Melancarkan Sistem Pencernaan

Karena pare memiliki kandungan yang kaya akan serat, sehingga mengonsumsi air rebusan pare bisa membantu melancarkan sistem pencernaan. Air rebusan pare ini cocok digunakan untuk mencegah sembelit dan peradangan pada usus.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Agar tidak mudah terserang infeksi virus atau bakteri, konsumsilah air rebusan pare karena bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C yang bersifat antioksidan ini, yang akan melindungi tubuh dari paparan radikal bebas.

4. Menurunkan Kolesterol

Tingginya kolesterol jahat di dalam tubuh, bisa menyebabkan penyakit serius seperti jantung dan stroke. Untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, kamu bisa mengonsumsi air rebusan pare secara rutin.

5. Mengontrol Kadar Gula Darah

Untuk mengontrol kadar gula darah, konsumsilah air rebusan pare tanpa menggunakan gula. Air rebusan pare ini memiliki senyawa seperti insulin, yang bisa mengubahnya menjadi energi dan membantu mengontrol kadar gula darah. Sehingga orang yang rutin mengonsumsi air rebusan pare ini, akan terhindar dari penyakit diabetes.

Manfaat Air Rebusan Pare untuk Kecantikan

6. Mengatasi Masalah Kulit

Air rebusan pare juga memiliki manfaat, yang bisa membantu mengatasi masalah kulit, seperti jerawat, kudis, kurap dan lain sebagainya. Karena kandungan pare memiliki sifat sebagai antioksidan dan antibakteri.

7. Menjaga Kesehatan Rambut

Manfaat air rebusan pare yang terakhir, yaitu bisa membantu menjaga kesehatan rambut. Kandungan vitamin dan mineral yang kaya di dalam air rebusan pare, bisa membantu mengatasi rambut kusam dan membuat rambut halus serta berkilau alami.

Efek Samping Mengonsumsi Pare

Walaupun air rebusan pare memiliki banyak manfaat, tetapi terlalu banyak mengonsumsi pare bisa menyebabkan beberapa efek samping, yang kurang baik untuk tubuh. Bahkan bisa membahayakan nyawa.

Untuk itu, hindari mengonsumsi air rebusan pare atau mengonsumsi pare waktu hamil. Karena bisa memberikan efek samping keguguran atau haid yang tak kunjung berhenti. Saat mengonsumsi obat penurun gula darah, lebih baik jangan mengonsumsi pare, karena bisa menyebabkan gula darah turun drastis.

Selain itu, mengonsumsi pare bisa memberikan efek samping pada orang yang memiliki riwayat penyakit hati, hepatitis, HIV dan AIDS, karena kandungan di dalam pare ini bisa menyebabkan pengerasan pembuluh darah. Efek samping terlalu banyak mengonsumsi pare ini juga bisa menyebabkan penyakit jantung, hipoglikemia dan keracunan. Sehingga, konsumsilah air rebusan pare dan daging pare dalam batas yang wajar, dan jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Penyebab Tidur Berlebihan yang Patut Diketahui serta Bahayanya untuk Kesehatan
Artikel Selanjutnya
20 Kutipan Terbaik Novel The Alchemist Karya Paolo Coelho yang Fenomenal