Sukses

Food

5 Jenis Sayur yang Bisa Dibuat Jus dan Salah Satu Resepnya

Fimela.com, Jakarta Sayuran menjadi salah satu bahan makanan yang memiliki segudang manfaat buat kesehatan. Ada beragam cara untuk mengonsumsi sayuran. Mulai dengan cara direbus, ditumis, dibuat isi makanan lain seperti lumpia dan tahu, juga bisa dimakan secara langsung atau dijus. Ya, sama seperti buah, beberapa jenis sayuran bisa dibuat menjadi jus yang segar dan menyehatkan. 

Berikut beberapa jenis sayuran yang bisa dibuat untuk jus sehat dan segar

Seledri

Sayur pertama yang bisa dibuat jus adalah seledri. Nutrisi dalam sayuran ini, bisa meningkatkan stamina dalam tubuh, mengatasi masalah bau badan bahkan menurunkan tekanan darah serta kolesterol. Seledri bisa dijus bersama bahan makanan lain seperti buah lemon, buah apel, madu atau sayur bayam.

Bayam

Sayur berikutnya yang bisa dibuat jus ada bayam. Bayam kaya akan nutrisi yang meningkatkan staminan tubuh. Ini juga bermanfaat menurunkan tekanan darah, menyehatkan sistem pencernaan, membuat pikiran makin bahagia dan sumber vitamin serta zat besi.

Kale

Kale adalah sayur selanjutnya yang bisa dibuat jus. Kale kaya akan vitamin A, B dan C. ini juga sebagai sumber antioksidan yang sangat baik buat kesehatan. Untuk mendapat cita rasa lebih lezat dari sayuran ini sebagai jus, tambahkan sedikit air lemon, madu atau bahan makanan lain yang memiliki cita rasa cukup kuat. 

Wortel

Wortel termasuk sayuran yang masuk ke dalam jenis umbi-umbian. Wortel tak hanya enak dikonsumsi dengan cara direbus, ditumis atau dimasak sup. Ini juga sangat lezat sebagai jus. Wortel mengandung nutrisi terbaik untuk tumbuh kembang tubuh. Ini juga memiliki cita rasa yang sangat lezat bahkan jika tanpa tambahan apapun di dalamnya sebagai jus. 

Bit

Bit juga sebagai salah satu sayur yang masuk ke dalam jenis umbi-umbian. Bit bisa dibuat sebagai jus lezat yang sangat sehat. Ada beragam nutrisi terbaik yang disuguhkan bit buat tubuh. 

Selain sayur di atas, sayur lain berupa brokoli, pare, sawi, mentimun, labu siam dan sejenis, juga cocok untuk jus yang lezat dan segar. Untuk resep jus sayur yang bisa kamu coba. Berikut Fimela memiliki salah satu resepnya.

Resep Jus Sawi Mentimun

Bahan

  • 2 batang sawi hijau
  • 1 buah mentimun
  • 1 sdm gula
  • air dingin secukupnya

Cara Membuat

  1. Cuci bersih sawi, potong-potong. Buang bagian pangkal atau bawahnya karena seratnya yang kasar, kurang enak jika diminum.
  2. Kupas mentimun, potong-potong.
  3. Masukkan sawi dan mentimun ke dalam blender, haluskan lalu tuang ke dalam gelas.
  4. Tambahkan gula, aduk hingga larut. Beri es batu jika suka. Nikmati selagi dingin.

Itulah sekian penjelasan mengenai sayur yang bisa dimanfaatkan sebagai jus dan salah satu resepnya. Semoga informasi ini bermanfaat. Selamat berkreasi dengan jus sayur di rumah. Rasakan kelezatan pun manfaat sehat dari jus sayur. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading