Sukses

Food

Cara Merebus Kacang Hijau Cepat Empuk Mekar yang Irit Gas

Fimela.com, Jakarta Kacang hijau memiliki kandungan antioksidan yang baik dikonsumsi oleh tubuh. Selain itu, kacang hijau juga memiliki kandungan lemak jenuh yang rendah. Kandungan protein dalam kacang hijau juga bisa membantu mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi tubuh.

Kacang hijau bisa diolah jadi ragam sajian yang enak. Bisa dibuat kolak atau bubur. Kali ini Fimela akan membagikan tips sederhana agar kacang hijau bisa cepat empuk dan mekar saat direbus. Bahkan tips ini bisa bikin irit gas. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

 

 

Kacang Hijau Direndam Semalaman

Kacang hijau bisa direndam dulu semalaman. Jadi, siapkan baskom berisi air. Lalu rendam kacang hijau di dalamnya selama semalaman. Proses perendaman ini akan memudahkan proses perebusan kacang hijau.

 

 

Gunakan Metode 5-30-7

Masukkan kacang hijau dalam panci berisi air. Lalu nyalakan kompor dengan api besar. Rebus hingga mendidih, dan biarkan selama 5 menit. Setelah itu matikan kompor. Biarkan kacang hijau tetap di dalam panci dan pastikan dalam keadaan tertutup rapat.

Diamkan kacang hijau di dalam panci selama minimal 30 menit. Bisa dibiarkan selama 1 jam juga bila ingin hasil kacang hijaunya lebih lunak.

Setelah itu, rebus kembali kacang hijau dengan api sedang selama sekitar 7 menit. Bisa ditambah air lagi bila perlu. Aduk sesekali dan tambahkan santan atau gula dan bahan lain sesuai selera.

Itu tadi tips mudah merebus kacang hijau yang hemat gas untuk dicoba di rumah. Semoga tipsnya bermanfaat, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading