Sukses

Food

Tips Merebus Kacang Hijau Empuk Tapi Tidak Pecah dan Hancur

Fimela.com, Jakarta Kacang hijau menjadi salah satu jenis kacang-kacangan yang banyak digemari oleh masyarakat. Kacang hijau bisa diolah menjadi beragam makanan lezat yang menggugah selera. Selain sangat lezat, olahan dari kacang hijau juga sangat sehat. Salah satu yang sangat sehat adalah air rebusan kacang hijau. Air rebusan ini dipercaya sangat baik bagi ibu hamil, balita dan anak-anak. 

Memasak kacang hijau bisa dibilang gampang-gampang susah. Dengan cara yang tepat, kamu bisa dapatkan kacang hijau rebus yang sangat empuk. Tak perlu khawatir jika kacang hijau yang direbus akan pecah atau hancur. Begini cara merebus kacang hijau agar empuk tapi tidak sampai pecah apalagi hancur.

Pemilihan Kacang Hijau

Tips pertama yang harus diperhatikan sebelum merebus kacang hijau adalah pemilihan kacang hijau. Pilih kacang hijau yang berkualitas baik atau tidak rusak. Kacang hijau yang sudah rusak rasanya tidak enak, mudah hancur saat dimasak dan baunya pun umumnya lebih apek. Kacang hijau yang masih bagus biasanya berwarna hijau segar, kulitnya mengkilap dan bersih.

Rendam Kacang Hijau

Agar kacang hijau lebih cepat empuk saat direbus, usahakan untuk merendam kacang hijau sebelum direbus. Rendam kacang hijau hingga mengembang dan empuk tidak kurang dari 8 jam. Selama proses merendam kacang, sering-sering ganti air untuk merendam. Ini akan menjaga kualitas kacang hijau. 

Masukkan Kacang Hijau Saat Air Mendidih

Saat merebus kacang hijau, pastikan untuk merebus dulu airnya. Rebus air hingga mendidih kemudian masukkan kacang hijau ke dalamnya. Cara ini dipercaya bisa membuat kacang hijau jadi lebih cepat empuk namun tidak pecah apalagi hancur. 

Cukup Tambahkan Sedikit Garam

Cukup menambahkan sedikit garam saat merebus kacang hijau. Untuk kacang hijau yang hendak dibuat bubur, hindari memasukkan gula saat kacang masih proses direbus. Ini justru bisa membuat kacang tetap keras dan sulit empuk. Sebaiknya tambahkan gula dan santan serta bahan lain saat kacang hijau sudah empuk dan matang. 

Itulah cara merebus kacang hijau agar lebih cepat empuk namun tidak pecah apalagi hancur. Semoga cara ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading