Sukses

Food

Buah-Buahan Ini Ternyata Hanya Ada di Indonesia

Fimela.com, Jakarta Indonesia adalah salah satu negara tropis yang memiliki tanah subur sehingga banyak tanaman unik yang tumbuh di Indonesia, termasuk sayuran dan buah-buahan. Banyak sayuran dan buah-buahan yang hanya dapat tumbuh di sini.

Indonesia menghasilkan buah-buahan tropis yang unik. Buah-buahan ini memiliki cita rasa yang khas sehingga banyak digemari oleh banyak orang, baik masyarakat Indonesia sendiri, maupun wisatawan macanegara.

Berikut adalah daftar buah-buahan yang hanya dapat ditemukan di Indonesia. Yuk simak infonya!

Salak

Buah salak merupakan jenis buah palma yang hanya bisa ditemukan di Indonesia. Salak juga dikenal sebagai snakefruit karena kulitnya yang bertekstur seperti sisik ular. Buah dengan rasa manis asam ini banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Banyak wisatawan mancanegara yang menyukai buah ini karena rasanya yang enak.

Manggis

Manggis adalah buah unik asli Indonesia. Buah dengan nama lagin Garcina mangostana ini banyak tumbuh di daerah dataran rendah Indonesia. Rasanya yang asam manis menjadikan buah manggus digemari oleh orang Indonesia.

Buah Manggis memiliki kulit berwarna merah keunguan. Kulit buah manggis memliki khasiat yang bermanfaat. Kulit manggis kaya akan zat antioksidan, antikanker, dan antiinflamasi.

Jeruk bali

Jeruk bali menjadi salah satu buah yang hanya dapat ditemukan di Indonesia. Jenis buah sitrus ini beratnya mencapai 1-2 kilogram. Jeruk berukuran besar ini banyak dihasilkan oleh daerah-daerah di Indonesia, seperti Magetan dan Madiun di Jawa Timur, serta Kudus dan Pati di Jawa Tengah.

Meski bernama jeruk bali, ternyata buah ini tidak ada kaitannya dengan Provinsi Bali. Kementrian Pertanian menyarankan untuk menyebut buah ini dengan nama pomelo.

Rambutan

Rambutan mudah untuk ditemukan di seluruh daerah Indonesia. Apalagi saat musim rambutan, yang berkisar pada bulan November-Februari. Buah ini dinamakan rambutan karena kulitnya yang menyerupai rambut. Buah ini banyak digemari oleh masyarakat Indonesia karena rasanya yang manis dan sedikit asam.

Kelengkeng

Buah yang hanya dapat ditemukan di Indonesia selanjutnya adalah kelengkeng atau lengkeng. Kelengkeng memiliki daging yang mirip dengan rambutan, tetapi ukurannya lebih kecil dan memiliki biji berwarna coklat. Kelengkeng mudah ditemukan di berbagaai daerah di Indonesia.

Buah kelengkeng memiliki kandungan air yang cukup banyak. Buah dengan kulit berwarna coklat ini banyak digemari masyarakat Indonesia karena rasanya yang manis dan segar.

Durian

Siapa yang tidak tahu buah durian? Buah dengan julukan The King of Fruit ini sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat Indonesia. Rasanya yang unik dan baunya yang khas menjadi daya tarik buah ini.

Durian di Indonesia sangat mudah untuk ditemukan. Apalagi jika sedang musimnya, durian banyak dijual di pinggiran jalan. Buah durian hanya bisa tumbuh di negara tropis, Indonesia salah satunya.

Itulah beberapa buah yang hanya bisa ditemukan di negara tropis seperti Indonesia. Sebagai orang Indonesia, kita patut bersyukur karena buah-buah ini mudah ditemukan di sini dengan harga yang tidak mahal.

 

Penulis: Denisa Aulia

#BreakingBoundariesAgustus

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading