Sukses

Food

Cara Berbeda untuk Menyajikan Telur Rebus

Fimela.com, Jakarta Siapa yang suka menikmati telur rebus? Biasanya telur rebus sering dijumpai pada masakan Jepang seperti ramen, udon, dan soba. Rasanya tidak afdol ketika menikmati makanan berjenis mie tanpa adanya telur yang mendampingi. Tetapi tahukah kamu saat ini ada penyajian telur rebus dengan cara yang tidak biasa?

Dalam video yang beredar di YouTube, seorang chef asal Jepang bernama Yama Chaahan membagikan tips untuk merebus telur dengan cara yang berbeda. Benar sekali, “berbeda” di sini maksudnya jika pada umumnya bagian putih berada di luar dan bagian kuning berada di dalam, kali ini bagian kuning telur berada di luar dan bagian putih telur berapa di dalam. Penasaran? Simak caranya di bawah ini.

Bagaimana cara membuat telur rebus yang berbeda dari biasanya?

Cara yang dilakukan juga mudah dan dapat kamu aplikasikan dengan barang yang ada di rumah. Berikut adalah step-step merebus telur agar kuningnya berada di sisi luar. 

Bahan-bahan: 

  1. Sebuah telur 
  2. Tape atau selotip
  3. Senter 
  4. Kaos kaki 

Cara melakukan:

  1. Pertama kamu bisa siapkan telur ayam yang masih dalam cangkang.
  2. Tutupi seluruh permukaan telur dengan selotip agar cangkang tidak rusak.
  3. Setelah itu masukan ke dalam kaos kaki dan putar telur seperti memutar gangsing.
  4. Kemudian kamu nyalakan senter untuk mengecek warnanya, jika bagian permukaan telur lebih gelap, kamu bisa lanjut ke step selanjutnya.
  5. Setelah itu rebus telur seperti biasa.
  6. Dan telur dengan bagian kuning di luar bisa kamu nikmati. 

Bagaimana telur rebus dapat terbentuk?

Aneh tapi unik bukan? Telur rebus dengan cara yang berbeda bisa kamu nikmati dan rasa yang diberikan juga tidak kalah enak dengan telur rebus yang biasanya. Tetapi apakah kamu pernah merasa penasaran mengapa telur rebus sendiri dapat terjadi atau terbentuk? 

Dilansir melalui Dailyuk, alasan mengapa telur rebus sendiri dapat terjadi karena perputaran gaya sentrifugal yang diakibatkan oleh kuning telur yang padat. Perputaran tersebut membuat perubahan dari telur biasa dengan bagian putih berada di luar dan bagian kuning berada di dalam.

Manfaat mengkonsumsi telur rebus setiap hari

Tahukah kamu ternyata mengkonsumsi telur rebus memberikan manfaat yang baik untuk tubuh. Melalui laman Headline, berikut manfaat mengkonsumsi telur rebus yang harus kamu tau:

  1. Kaya akan vitamin seperti vitamin A, B5, B12, B2, D, E, dan B6.
  2. Meningkatkan kolesterol baik sebanyak 6-13%.
  3. Mengurangi risiko terkena serangan jantung.
  4. Mengandung lutein dan zeaxanthin, antioksidan yang bermanfaat untuk mata sehat.
  5. Kaya akan Omega 3 yang dapat mengurangi lemak trigliserida. 

 

Penulis: Tisha Sekar Aji.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading