Sukses

Food

3 Resep Jus Detoks untuk Mengurangi Kadar Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Kadar kolesterol yang tinggi dalam darah dapat memicu penyakit serius pada tubuh, terutama penyakit yang berhubungan dengan jantung. Maka dari itu, kita harus selalu menjaga pola makan dan gaya hidup kita agar kadar kolesterol tidak tinggi.

Bagi penderita kolesterol, menjaga pola makan dan gaya hidup sehat adalah sebuah kewajiban. Hal tersebut wajib dilakukan agar kadar kolesterol tidak terus meningkat. Salah satu cara untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah adalah dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayuran.

Buah-buahan dan sayuran sangat dianjurkan bagi penderita kolesterol karena memiliki senyawa-senyawa yang berkhasiat menggelontorkan plak kolesterol dalam pembuluh darah. Penderita kolesterol disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan dan sayuran secara rutin.

Buah-buahan dan sayuran tersebut bisa dikonsumsi secara langsung, dimasak, maupun diolah menjadi jus untuk diminum. Nah, berikut adalah resep untuk membuat jus detoks untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Yuk, coba resepnya!

1. Jus apel, stroberi, jeruk

Buah-buahan seperti apel, stroberi, dan jeruk mengandung serat larut yang dapat membantu mengikat kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh dan membuangnya melalui saluran pencernaan. Selain itu, buah-buahan ini juga mengandung antioksidan yang dapat melindungi arteri dari kerusakan akibat radikal bebas.

Bahan

  • 3 buah apel
  • 5 buah stroberi
  • 2 buah jeruk

Cara membuat

  1. Cuci bersih kemudian potong-potong buah apel dan stroberi, serta kupas jeruk
  2. Masukkan buah-buahan ke dalam blender, beri air secukupnya
  3. Blender buah-buahan hingga halus
  4. Jus siap untuk diminum

2. Jus bayam, brokoli, dan lemon

Sayuran hijau seperti brokoli dan bayam kaya akan serat dan fitonutrien yang membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik) dalam darah. Serat dalam sayuran juga membantu dalam mengurangi penyerapan kolesterol dari makanan yang kita konsumsi. Selain itu, sayuran hijau mengandung banyak vitamin dan mineral yang mendukung kesehatan jantung secara keseluruhan. Kandungan vitamin C pada lemon mampu menghambat produksi kollesterol jahat dan mencegah penyakit jantung.

Bahan

  • Beberapa lembar bayam
  • 100 gram brokoli
  • Setengah buah lemon
  • Madu secukupnya

Cara membuat

  1. Cuci bersih bayam dan brokoli, kemudian potong-potong
  2. Masukkan bayam dan brokoli ke dalam blender
  3. Tambahkan air perasan lemon dan madu sesuai selera
  4. Beri air secukupnya, lalu blender hingga halus
  5. Jus siap untuk diminum

3. Jus alpukat

Buah alpukat mengandung lemak sehat, terutama asam lemak tak jenuh tunggal (MUFA). Asam lemak tak jenuh tunggal ini dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL dan mengurangi kadar kolesterol LDL dalam darah.

Bahan

  • 1-2 buah alpukat
  • Susu kental manis
  • Madu secukupnya

Cara membuat

  1. Belah buah alpukat, kemudian keruk dagingnya menggunakan sendok
  2. Masukkan alpukat ke mesin blender
  3. Tambahkan susu kental manis dan madu sesuai selera
  4. Masukkan air secukupnya, kemudian blender hingga halus
  5. Jus alpukat siap untuk diminum

 

 

Penulis: Denisa Aulia

#BreakingBoundariesSeptember

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading