Sukses

Food

3 Resep Minuman Ini Bantu Kamu untuk Detoks Tubuh

Fimela.com, Jakarta Pernahkah kamu mendengar tentang detoks atau detoksifikasi? Dilansir melalui laman resmi Axa Mandiri, detoksifikasi merupakan proses alamiah pada tubuh untuk membuang berbagai racun melalui organ paru-paru, usus, hati, ginjal, empedu, dan kulit. Faktor-faktor yang mempengaruhi proses detoks adalah makanan yang dikonsumsi sehari-hari serta  lingkungan sekitar. 

Perlunya detoksifikasi pada tubuh diakibatkan oleh adanya radikal bebas yang sering masuk ke dalam tubuh. Dewasa ini, radikal bebas banyak mendapat perhatian karena dianggap cukup menonjol dalam berperan terjadinya berbagai penyakit degeneratif, seperti arteriosklerosis, penyakit jantung, kanker, proses penuaan, dan lainnya.

Dilansir melalui laman Kementerian Kesehatan RI, radikal bebas diartikan sebagai suatu molekul yang mengandung satu atau lebih elektron yang bersifat sangat reaktif dan dapat menyebabkan kerusakan atau kematian sel (penuaan). Untuk itu, dalam tubuh kita perlu yang namanya antioksidan. Yaitu suatu zat yang dapat membantu melindungi tubuh dari serangan radikal bebas.

Radikal bebas ini mempunyai peranan sangat penting dalam menentukan proses tuanya seseorang. Untuk itu, kita harus sadar betul, seperti apa yang diungkapkan ahli Biomedik dari FKUI/RSCM, Prof Dr N. Suhana, ”Sebenarnya tubuh sendiri dapat menghasilkan enzim yang dapat menetralisir radikal bebas, seperti SOD [superoxide dismutase], enzim katalase, glutation peroksiadase. Namun, pada orang berusia lanjut enzim-enzim tersebut menurun jumlahnya, sehingga perlu dibantu oleh antioksidan dari luar.” Maka dari itu asupan antioksidan yang cukup sangat penting untuk didapatkan dan salah satunya melalui minuman-minuman berbahan alami yang mengandung antioksidan tinggi, antioksidan tinggi ini berguna melawan radikal bebas melalui detoks tubuh. 

1 Minuman berbahan lemon dari the cookie recipe bisa jadi referensi minuman untuk detoks tubuh

Bahan-bahan 

  1. 1 cup perasan lemon (sekitar 8 buah lemon) 
  2. 2 sendok makan madu  
  3. ¼ sendok makan cayenne bubuk  
  4. ¼ sendok teh jahe yang sudah dihaluskan
  5. 4 cup air hangat 

Cara membuat 

Dalam sebuah gelas, campurkan 1 cup perasan jus lemon, 2 sendok makan madu madu, ¼ sendok makan cayenne bubuk, dan ¼ sendok teh jahe yang sudah dihaluskan, kemudian aduk hingga campuran merata. 

Tuang 4 cup air hangat ke dalam gelas besar, minuman ini disajikan untuk 4 porsi. Pada masing-masing gelas saji bisa diberikan ¼ campuran lemon untuk rasa yang lebih enak. 

Lemon memiliki manfaat untuk tubuh dilansir melalui laman Mayapada Hospital, buah lemon memiliki kandungan asam sitrat yang bermanfaat. Asam sitrat merupakan bahan aktif yang terbukti meningkatkan jumlah urin menjadi lebih banyak, sehingga dapat membersihkan ginjal serta menghilangkan racun dari dalam tubuh. 

2 Resep minuman Mentimun dan Mint dari NDTV Food Eng dapat bantu untuk detoks tubuh

Bahan-bahan 

  1. 1 buah mentimun  
  2. 8-10 lembar daun mint 
  3. 2 sendok teh perasan lemon 
  4. Es batu sesuai selera
  5. Air dingin 
  6. Irisan lemon  

Cara membuat

  1. Kupas, potong, dan hancurkan mentimun, beberapa daun mint, dan 1 cup air ke dalam blender.
  2. Saring mentimun tadi dan sisihkan.
  3. Tambahkan perasan jeruk lemon.
  4. Tuang ke dalam gelas lalu tambahkan es batu dan hiasi dengan irisan jeruk lemon serta daun mint

 

Dilansir melalui laman Onlymyhealth, mentimun adalah cara terbaik untuk mengeluarkan racun dari tubuh. Mentimun kaya akan antioksidan yang membantu menetralisir radikal bebas dalam tubuh. Air dalam air detoks mentimun membantu mengeluarkan racun dengan meningkatkan volume urin. Maka dari, itu mentimun dapat  membantu mengurangi kembung dan inflamasi pada tubuh. 

3 Minuman kelapa dengan lemon dan madu

Bahan-bahan

  1. 1 buah kelapa 
  2. 2 lembar daun mint 
  3. 3 1 sendok teh madu  
  4. 1 buah lemon

Cara Membuat 

  1. Potong kelapa lalu kerok hingga mengeluarkan airnya.
  2. Setelah itu ambil bagian daging kelapanya dengan menggunakan sendok. 
  3. Campurkan ke dalam air kelapa tadi kemudian tambahkan daun mint, 1 sendok teh madu dan perasan jeruk lemon. 
  4. Aduk hingga merata dan sajikan 

 

Dilansir melalui Redcliffe Labs, kelapa dapat menjadi pilihan untuk minuman detox pada tubuh. Menariknya air kelapa memiliki kandungan yang dapat mengurangi radikal bebas dalam tubuh. Sebuah penelitian pre-klinis menemukan antioksidan pada air kelapa dapat mengurai radikal bebas dalam tubuh sehingga mengurangi dampaknya terhadap kesehatan tubuh. 

 

Penulis: Tisha Sekar Aji

Hashtag: #Breaking Boundaries 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading