Sukses

Food

6 Buah Segar dan Lezat yang Bermanfaat Menurunkan Asam Urat

Fimela.com, Jakarta Asam urat adalah senyawa alami dalam tubuh yang dihasilkan dari pemecahan purin. Ini merupakan zat yang ditemukan dalam makanan tertentu. Ketika kadar asam urat meningkat dalam darah, ini bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti nyeri sendi, rematik, atau bahkan batu ginjal.

Salah satu cara alami untuk mengendalikan kadar asam urat adalah dengan mengonsumsi makanan pun buah-buahan tertentu yang bisa membantu menurunkan kadar asam urat. Mengutip dari laman health.com, ada beberapa buah segar dan lezat yang ternyata ampuh bantu turunkan kolesterol tinggi. Aneka macam buah ini juga ampuh bantu menstabilkan kolesterol dalam darah. Apa saja buahnya? Yuk, simak yang berikut.

Ceri

Ceri adalah buah yang kaya dengan senyawa antiinflamasi bernama anthocyanins. Senyawa ini bisa membantu mengurangi peradangan dan nyeri yang sering terkait dengan kadar asam urat tinggi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi ceri atau jus ceri secara teratur, bantu menstabilkan asam urat bahkan menurunkannya. 

Semangka

Buah selanjutnya yang ampuh turunkan asam urat ada semangka. Buah ini merupakan buah yang mengandung banyak air dan rendah purin, sehingga baik untuk mengendalikan asam urat. Kandungan air dalam semangka juga membantu meningkatkan produksi urin, yang bisa membantu menghilangkan asam urat dari tubuh. Selain itu semangka mengandung antioksidan yang membantu mengurangi peradangan hingga menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi. 

Pisang

Pisang juga termasuk buah yang mengandung vitamin C dan serat. Kandungan nutrisi ini bisa membantu mengurangi risiko peningkatan kadar asam urat. Vitamin C membantu menghambat pembentukan asam urat dalam tubuh, sementara serat membantu mengatur penyerapan purin dari makanan.

Jeruk

Buah jeruk seperti jeruk, lemon, dan jeruk nipis mengandung tinggi vitamin C. Vitamin C membantu meningkatkan ekskresi asam urat melalui urin dan mengurangi risiko pembentukan kristal asam urat. Minum air lemon hangat setiap pagi bisa menjadi kebiasaan yang baik untuk mengendalikan asam urat.

Alpukat

Alpukat adalah buah yang mengandung lemak sehat dan serat. Meskipun mengandung sedikit purin, alpukat bisa menjadi alternatif yang baik untuk menggantikan makanan tinggi purin. Alpukat juga mengandung kalium, yang membantu mencegah kristalisasi asam urat dalam sendi. Beberapa studi bahkan menemukan jika alpukat mengandung lemak baik yang bantu mengatasi masalah kolesterol dalam tubuh.

Delima

Buah delima mengandung antioksidan kuat yang disebut polifenol. Kandungan ini bisa membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan pembuluh darah. Ini juga membantu mengurangi risiko penyakit jantung yang terkait dengan kadar asam urat tinggi.

Menurunkan asam urat tak bisa hanya dilakukan dengan konsumsi buah tertentu saja, tapi juga harus didukung pola hidup atau gaya hidup sehat, olahraga dan istirahat cukup. Mengonsumsi buah-buahan ini harus menjadi bagian dari pola makan seimbang dan gaya hidup yang sehat secara keseluruhan. Jika kamu memiliki masalah serius dengan asam urat atau masalah kesehatan lainnya, konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi sebelum melakukan perubahan signifikan dalam pola makanmu. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading