Sukses

Food

Tips Mencairkan Dimsum Beku Agar Mudah Disantap

Fimela.com, Jakarta Siapa yang suka makan makanan khas Cina yang satu ini? Betul sekali dimsum. Dimsum menjadi camilan khas dan terkenal akan rasanya yang gurih dan beragam. Tidak hanya itu, dimsum juga tersedia dengan berbagai pilihan menarik mulai dari olahan udang sampai dengan ceker sekalipun. 

Dengan ragam jenis dan cita rasa yang khas inilah membuat dimsum terkenal dan menjadi favorit untuk semua kalangan. Dimsum juga sangatlah unik sebab makanan ini disajikan dengan teh hangat dan disantap ketika waktu brunch. 

Tetapi dimsum yang disajikan juga tidak hanya pada saat fresh saja, untuk varian yang serba praktis ini dimsum juga sudah tersedia dalam bentuk frozen atau beku. Lalu bagaimana caranya untuk menikmati dimsum beku? Berikut tipsnya. 

Serba-serbi tentang dimsum yang harus kamu tahu

Dilansir melalui Asia Society, dimsum merupakan makanan tradisional dari Cina yang dibuat dari sekumpulan kecil kulit pangsit dan bahan lainnya yang biasanya ditemani dengan teh. Dimsum ini juga memiliki kemiripan dengan tapas, makanan tradisional dari Spanyol. Dimsum ini juga menjadi makanan yang di makan ketika sedang ada acara keluarga maupun bertemu dengan teman-teman. Biasanya dimsum dimakan pada saat brunch

Saat ini, dimsum tidak hanya tersebar di Cina saja tetapi juga seluruh dunia. Dimsum ini juga dipercaya telah hadir sejak abad ke 19 lebih tepatnya di Guangdong bagian selatan sebelum menyebar ke Hong Kong. Pada saat itu, dimsum menjadi camilan untuk pedagang-pedagang sutera yang berlabuh dan beristirahat. Dan ketika pedagang tersebut terus bepergian, mereka membawa tata cara pembuatan dimsum dan dimsum menjadi populer khususnya di Hong Kong. 

Bagaimana cara memesan dimsum dengan tepat? Pertama kamu bisa memilih jenis teh yang ingin disajikan. Seperti yang telah dijelaskan di atas jika dimsum selalu dihidangkan bersama dengan teh. Pada aturannya sendiri, seseorang yang berada di dekat teko teh harus menuangkan teh ke seluruh gelas orang-orang yang ada. Setelah itu barulah pilih varian dimsum yang ingin disantap. 

Tips mencairkan dimsum beku

Saat ini dimsum juga hadir dengan berbagai jenis varian bahkan dengan teknologi yang praktis ini bisa membuat dimsum menjadi awet dan tetap tahan lama dengan jenis dimsum beku. Meskipun begitu untuk menyantap dimsum beku juga tidak harus dimakan dalam keadaan beku bukan? Berikut tips untuk mencairkan dimsum beku yang dilansir dari Southside Market Gallery. 

Tips pertama yang bisa kamu lakukan adalah keluarkan dimsum beku dari kulkas dan biarkan berada di suhu ruang selama 30 menit atau sampai dimsum tidak dingin dan siap untuk dibuka. Namun jika kamu ingin cara lebih cepat kamu bisa memanaskan dengan teknik defrost di microwave lalu setelah mencair bisa kamu santap. 

Tapi ada lagi tips mencairkan dimsum beku dengan cara seperti ini,  tuangkan panci dengan air, setelah itu masukkan wadah kukusan, kemudian masukkan dimsum beku, dan nyalakan api. Kukus dimsum selama 10 menit, setelah itu kamu bisa sajikan dengan saus cabai maupun saus tiram manis ataupun tanpa saus. 

Penulis: Tisha Sekar Aji

Hashtag: #Timeless 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading