Sukses

Food

8 Sayuran Enak yang Membantu Menurunkan Kolesterol Tinggi

Fimela.com, Jakarta Kolesterol tinggi adalah masalah kesehatan yang tak bisa disepelekan begitu saja. Ini merupakan masalah kesehatan serius yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Selain itu, ini juga meningkatkan beragam masalah kesehatan lain yang mengancam jiwa. Lantas, bagaimana untuk mengatasi masalah kolesterol yang terlampau tinggi? 

Mengutip dari laman mayoclinic.com, selain obat-obatan, perubahan dalam pola makan memiliki peran penting dalam menurunkan kadar kolesterol. Salah satu aspek penting dalam makanan sehat adalah konsumsi sayuran. Berikut adalah berbagai macam sayuran sehat yang bisa membantu menurunkan kolesterol tinggi.

Brokoli

Sayur pertama penurun kolesterol ada brokoli. Ini sebagai salah satu super food yang sangat bernutrisi baik buat kesehatan. Brokoli mengandung senyawa bernama sulforaphane yang dapat membantu meningkatkan metabolisme kolesterol. Konsumsi rutin brokoli akan membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat). Ini juga bermanfaat menstabilkan tekanan darah dalam tubuh. 

Bayam

Bayam adalah sayuran berdaun hijau yang kaya akan serat. Sayur ini bisa membantu mengikat kolesterol dalam usus sehingga tidak diserap oleh tubuh. Ini bermanfaat membantu menurunkan kadar kolesterol secara keseluruhan. Ini juga baik dalam menurunkan tekanan darah berlebih dalam tubuh. 

Kentang

Kentang mengandung pati resisten yang membantu mengurangi penyerapan kolesterol dari makanan. Namun, hindari menggoreng kentang untuk menghindari penambahan lemak yang tidak sehat. Kentang sebaiknya dimasak dengan cara dipanggang atau dikukus. Selain penurun kolesterol, ini juga sumber karbohidrat yang baik dalam menjaga berat badan ideal. 

Wortel

Wortel mengandung serat dan beta-karoten yang baik untuk kesehatan jantung. Beta-karoten merupakan antioksidan yang membantu mengurangi peradangan dan risiko penyakit jantung. Ini juga mengandung berbagai vitamin terbaik untuk organ tubuh secara menyeluruh terutama organ mata. 

Bawang Putih

Bawang putih telah lama dihubungkan dengan manfaat kesehatan kardiovaskular. Senyawa allicin dalam bawang putih membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah. Ini juga sebagai sumber antioksidan alami yang bantu meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh. 

Kubis

Kubis mengandung senyawa yang disebut fitosterol, mirip dengan kolesterol. Fitosterol dapat menghambat penyerapan kolesterol dalam usus. Sayuran ini membantu menurunkan kolesterol dalam darah. Ada beragam masakan lezat yang bisa dibuat dengan bahan utama kubis. Untuk dapatkan manfaat maksimalnya, hindari memasak kubis dengan cara digoreng atau ditumis dengan minyak berlebih.

Terong

Terong kaya akan serat dan antioksidan yang bisa membantu menjaga kesehatan jantung. Konsumsi terong dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Ini juga membantu menurunkan kolesterol tinggi. 

Tomat

Tomat mengandung likopen, antioksidan yang bisa membantu melindungi arteri dari kerusakan. Ini juga membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Tomat bisa dikonsumsi secara langsung atau dibuat jus dan sup yang lezat pun nikmat. 

Perlu diingat bahwa menggabungkan berbagai jenis sayuran dalam diet seimbang adalah kunci untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal. Selain konsumsi aneka sayur penurun kolesterol di atas, menurunkan kolesterol bisa dilakukan dengan berbagai cara lain termasuk miliki olahraga teratur, perbanyak gerak aktif tubuh, hindari stres, stop kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol dan miliki tidur cukup setiap harinya. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading