Sukses

Food

Tips Menyimpan Sayur Brokoli Agar Awet Hijau dan Segar

Fimela.com, Jakarta Sayur brokoli menjadi salah satu superfood yang kaya manfaat buat kesehatan. Ini juga sebagai salah satu sayur terbaik yang bisa diberikan ke semua usia serta kalangan. Ada beragam masakan lezat yang bisa dibuat dengan bahan utama brokoli. Dan sayur ini, rupanya menjadi salah satu sayur favorit hampir semua orang. 

Bicara mengenai sayur brokoli, sayangnya sayuran ini tak bisa bertahan lama. Dalam waktu dua atau tiga hari, sayur brokoli yang semula segar dan berwarna hijau bisa berubah jadi kuning. Karena proses penyimpanan yang salah, sayur brokoli bahkan bisa mengering dan layu atau yang lebih parah membusuk. Lantas, jika kamu ingin menyimpan sayur brokoli agar awet hijau dan tahan lebih lama, kira-kira bagaimana solusinya? 

Kali ini Fimela memiliki tips menyimpan sayur brokoli agar lebih awet dan tahan lama. Adapun tipsnya sebagai berikut.

Tips Menyimpan Sayur Brokoli

Sebelum memutuskan untuk menyimpan sayur brokoli, usahakan untuk membeli sayur yang masih segar dan berwarna hijau. Selanjutnya, kamu bisa melakukan beberapa tahap sebelum benar-benar menyimpannya di lemari es atau kulkas. 

  • Tips pertama yakni beli atau pilih brokoli yang masih segar dan hijau. 
  • Buang daun brokoli dan potong-potong menjadi bagian yang tak terlalu besar tapi juga tak terlaly kecil. 
  • Cuci bersih brokoli di bawah air mengalir. 
  • Siapkan baskom berisi air garam, rendam sebentar brokoli yang telah dicuci. 
  • Panaskan panci berisi air panas, rebus setengah matang brokoli yang telah direndam di dalam air garam. Angkat kemudian tiriskan. 
  • Biarkan brokoli rebus cukup dingin, tempatkan di wadah tertutup bisa berupa stoples atau plastik kedap udara. 
  • Simpan di freezer lemari es. 

Dengan cara ini, brokoli yang kamu simpan akan tahan lebih lama dan awet segar. Cara penyimpanan ini bisa membuat brokoli bertahan hingga 1 sampai 2 minggu. Dan jika kamu ingin memasak brokoli yang telah disimpan, keluarkan brokoli dari freezer kemudian biarkan es mencair selama beberapa saat. Kamu pun bisa mengolah brokoli ini jadi beragam masakan lezat baik dibening, tumis hingga digoreng. 

Semoga tips menyimpan sayur ini bermanfaat dan selamat mencobanya!

*Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di tautan ini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading