Sukses

Food

Unik dan Kayak Rasa, Kenali Berbagai Olahan yang Cocok untuk Setiap Jenis Ikan, Yuk!

Fimela.com, Jakarta Kalau ngomongin kekayaan kuliner Indonesia, kayaknya bukan lagi jadi rahasia, deh. Pecinta kuliner dalam dan luar negeri pun banyak yang mengakui keragaman dan keunikan rasa setiap masakan Indonesia, baik olahan makanan laut, daging, sampai sayur.

Apalagi kalau ngomongin olahan berbagai jenis ikan yang nggak ada habisnya. Berkat keberagaman jenis ikan yang bisa ditemukan di Indonesia, olahan masakan ikan juga beragam banget. Mulai dari dipepes, dibakar, goreng, sampai olahan ikan pesmol yang banyak disuka.

Eits, tapi kamu juga harus tau lho, olahan apa yang cocok untuk jenis ikan tertentu. Sebab, setiap jenis olahan tersebut akan mempengaruhi rasa, tekstur, dan hasil akhir hidangan. Supaya bisa mengolah setiap jenis ikan menjadi masakan yang enak, yuk simak dibawah ini!

Pengolahan Ikan dengan Dibakar

Pengolahan ini melibatkan memanggang ikan di atas bara atau sumber panas langsung, seperti gril atau panggangan. Biasanya, ikan dibumbui terlebih dahulu dengan rempah-rempah, garam, minyak, atau saus, kemudian diletakkan di atas api langsung atau dalam oven.

Ikan yang cocok untuk diolah dengan cara dibakar adalah nila dan gurame. Kedua jenis ikan air tawar ini punya daging yang segar dan relatif lunak. Proses pemanggangan tersebut biasanya melibatkan tambahan rempah dan bumbu yang diparut sehingga memberi rasa gurih dengan lapisan luar ikan yang renyah.

 

Pengolahan Ikan dengan Dipepes

Metode pengolahan tradisional Indonesia pepes biasanya dilakukan dengan bungkus dalam daun pisang atau daun kelapa bersama dengan bumbu dan rempah-rempah.

Setelah dibumbui dan dibungkus dengan daun, ikan lalu dikukus atau dipanggang. Pemanggangan ini juga dilakukan tradisional dengan bahan bakar kayu. Hasil ikan dengan olahan pepes menjadi lezat dengan rasa yang kaya, karena bumbu meresap ke dalam ikan selama proses pepepesan.

Jenis ikan laut yang cocok untuk diolah dengan cara dipepes yaitu, teri dan tongkol. Tambahan bumbu seperti cabai, bawang, dan santan pada menu yang dibakar sampai matang ini mampu menghasilkan hidangan yang wangi dan kaya rasa.

Olahan Ikan Pesmol

Seperti pepes, pesmol juga merupakan hidangan khas Indonesia, tepatnya khas Sunda. Tidak hanya ikan, olahan ini sebenarnya juga bisa menggunakan daging, lho. Biasanya Ikan dimasak dengan bumbu kunir, kunyit, bawang merah, bawang putih, dan tomat. Ditambah juga santan kelapa untuk memberikan rasa gurih yang khas. Hidangan ini seringkali memiliki rasa manis dan pedas yang seimbang.

Beberapa jenis ikan yang kerap diolah pesmol ada nila, kembung, lele, bandeng, dan ikan mas. Hidangan ini bisa disantap langsung dengan nasi atau ditambah sayur.

Ikan Goreng

Pengolahan dengan cara menggoreng ikan dengan minyak panas jadi salah satu cara paling mudah dan cukup banyak disukai masyarakat Indonesia. Hasilnya, lapisan luar yang renyah dan daging yang lembut. Hidangan ikan goreng bisa beragam tergantung pada jenis bumbu dan rempah-rempah yang digunakan.

Ikan lele goreng atau yang biasa dikenal pecel lele menjadi salah satu yang paling ternama. Alasan kuatnya karena daging lele yang lembut sangat pas jika digoreng dalam minyak panas dan akan menghasilkan tekstur renyah pada bagian kulit. Sementara itu, daging yang lembut tersebut kurang cocok jika dimasak dengan bumbu atau kuah.

Pempek Ikan (Fish Cake)

Pempek menjadi salah satu makanan favorit banyak masyarakat Indonesia khususnya di Palembang. Metode membuat pempek paling umum yaitu dengan mencincang Ikan, kemudian dicampur dengan bumbu dan bahan lainnya, seperti tepung sagu atau tepung kanji, untuk membuat adonan. Adonan ini kemudian dibentuk menjadi kue dan digoreng.

Ikan tenggiri menjadi pilihan yang sangat populer untuk pempek. Sebab, daging ikan ini bertekstur padat dan rasanya lezat. Karena teksturnya yang pas, tenggiri sering digunakan untuk membuat pempek kapal selam, salah satu variasi pempek yang terkenal.

Nah, itulah berbagai olahan ikan yang unik dan kaya rasa. Kekayaan masakan Indonesia memang nggak jauh-jauh dari kekayaan alam mulai dari bumbu dan rempah, sampai banyaknya jenis ikan yang hidup di laut dan air tawar. Apa olahan ikan yang jadi favoritmu belakangan ini?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading