Sukses

Food

5 Sumber Karbohidrat Sehat dan Lezat yang Bisa Jadi Pengganti Beras

Fimela.com, Jakarta Nasi beras mungkin merupakan makanan pokok yang sangat umum di banyak budaya di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, beras menjadi bahan pokok utama bagi seluruh masyarakat. Ya, meskipun ada beberapa sumber karbohidrat lain yang selama ini telah dikenal sebagai pengganti beras. 

Dari hari ke hari, harga beras semakin naik. Dan ini diperkirakan akan terus mengalami kenaikan. Meksi begitu, tak perlu terlalu khawatir Sahabat Fimela. Beberapa bahan makanan lain bisa jadi sumber karbohidrat pengganti beras. Dari beberapa makanan ini, juga dikenal lebih rendah kolesterol dan gula. Dari berbagai sumber, berikut adalah bahan makanan yang bisa jadi sumber karbohidrat pengganti beras.

Quinoa

Quinoa adalah biji-bijian super yang kaya akan protein, serat, dan nutrisi. Quinoa mengandung semua asam amino esensial, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk vegetarian atau vegan. Rasanya lezat, teksturnya kenyal, dan dapat digunakan sebagai pengganti nasi dalam hampir semua hidangan. Menu makanan ini dipercaya sangat sehat dan bisa mengoptimalkan kinerja organ tubuh secara keseluruhan.

Kentang

Kentang mengandung karbohidrat kompleks, serat, vitamin, dan mineral. Mereka juga memiliki indeks glikemik yang lebih rendah daripada nasi putih. Itu artinya, kentang bisa membantu menjaga kadar gula dalam darah agar tetap stabil. Kentang bisa diolah dengan cara dipanggang, direbus, atau diolah menjadi kentang tumbuk yang lezat. Kentang juga sebagai salah satu sumber nutrisi terbaik untuk keberhasilan program diet.

Ubi Jalar

Ubi jalar adalah sumber karbohidrat yang kaya serat, vitamin, dan mineral seperti vitamin A dan potasium. Bahan makanan ini juga memiliki indeks glikemik yang rendah dan bisa membantu mengendalikan gula darah. Ubi jalar dapat diolah menjadi olahan tumbuk, sup, atau bahkan digunakan sebagai bahan dasar dalam berbagai hidangan. Ubi jalar juga sangat lezat dihidangkan dengan cara dipanggang atau cukup dikukus.

Jagung

Jagung merupakan sumber karbohidrat yang bisa jadi pengganti beras. Jagung juga bisa diolah menjadi beras pengganti nasi. Nutrisi dalam jagung sangatlah tinggi. Selain lezat, bahan makanan ini juga terkenal sangat sehat. 

Singkong

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, singkong telah dikenal dengan baik. Singkong merupakan sumber karbohidrat yang bisa jadi pengganti nasi. Dengan cara pengolahan yang tepat, singkong bisa diolah menjadi nasi tiwul yang identik sebagai pengganti nasi beras. 

Itulah sekian sumber karbohidrat yang bisa dijadikan pengganti beras. Selain sangat lezat, aneka bahan makanan ini juga terkenal sangat sehat. Ini juga terbilang memiliki harga yang cukup terjangkau. Semoga informasi ini bermanfaat. 

*Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di tautan ini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading