Sukses

Food

Roti Gosong Bisa Diselamatkan Dan Dimanfaatkan Kembali, Berikut Caranya

Fimela.com, Jakarta Roti merupakan makanan sehari-hari yang menjadi andalan, apalagi ketika pagi hari. Roti menjadi salah satu pilihan makanan untuk sarapan dan sering digunakan juga sebagai bekal. Saat ini olahan roti juga semakin meluas seperti bread pudding dan lain-lain. 

Sarapan praktis tidak lain adalah memanggang roti di pagi hari. Tentu saja banyak yang melakukannya apalagi memakan roti berwarna emas serta pinggirannya yang renyah. Fakta menariknya banyak orang yang menyiapkan roti berujung membuatnya gosong. 

Alih-alih begitu dramatis dan membuat mood anjlok dengan sarapan yang gosong, kamu bisa menyelamatkan roti gosong. Tidak perlu membuang roti ke dalam tong sampah dan membuat roti baru. Bahkan, bagian roti yang gosong juga dapat diolah menjadi dessert yang lezat pula. Penasaran dengan cara menyelamatkan roti gosong serta membuat dessert enak dari roti? Informasi dari Food & Wine dan the Guardian di bawah ini dirangkum untuk kamu! 

1) Taruh roti di dalam kulkas

Kamu akan mencium bau gosong pada roti sebelum benar-benar melihat rotimu yang gosong. Hal tersebut sangat menyebalkan bukan? Bau gosong ini keluar dari pemanggang roti. Kamu bisa matikan panggangan dan segera keluarkan roti dari dalam panggangan. Seorang koki bernama Silvia Baldini menjelaskan jika roti yang gosong bisa ‘diselamatkan’ tanpa harus membuangnya. “Tidak banyak orang yang tahu jika roti yang nyaris gosong bisa diselamatkan dengan ditaruh di dalam kulkas.” ujarnya. Ia juga menambahkan, “Jika tercium aroma gosong serta warna roti yang cokelat kehitaman segera angkat roti dan simpan selama beberapa saat di dalam kulkas. Cara kerjanya mirip seperti menghentikan proses pengawetan (blanching) pada sayuran.”

2) Gunakan pemarut keju untuk membersihkan bagian gosong pada permukaan roti

Jika permukaan roti berwarna kehitaman namun hanya sebagian saja kamu bisa menggunakan pemarut roti. Siapkan pemarut roti dan wadah seperti mangkuk, kemudian parut bagian roti yang berwarna kehitaman dan biarkan bagian roti yang gosong tersebut. Baldini mengungkap jika ia sering menggunakan teknik ini untuk menyelamatkan rotinya yang gosong. “Jangan dulu membuang bagian roti yang gosong tadi sebab masih bisa digunakan.” ujarnya. Ia menambahkan jika bagian roti yang gosong tadi bisa disulap menjadi makanan enak. 

3) Perhatikan beberapa faktor berikut

Langkah terakhir untuk menghindari roti yang gosong adalah dengan mengatur kembali temperatur pada pemanggang. “Sebaiknya atur suhu pemanggang ke suhu yang rendah, kemudian panggang roti pada kedua sisi, dan pastikan untuk gunakan roti berkualitas baik yang memiliki bagian tengah yang lembut dan crunchy serta pinggiran roti yang crispy.” jelas Baldini. Ia juga menambahkan jika roti terbaik yang dipanggang berukuran 14 milimeter serta sudah dalam keadaan suhu ruang. 

Setelah mengetahui cara untuk menyelamatkan roti gosong, berikut resep sorbet roti yang dibuat dari bagian roti yang gosong dengan citarasa yang nostalgic dan tentunya enak. Resep dari the Guardian ini bisa kamu ikuti, berikut caranya. 

Sorbet Roti

Bahan-bahan

  • 100 gram oat 
  • 1 buah roti dengan bagian gosong yang sudah dibersihkan dan tidak terpakai
  • 1 sendok teh minyak zaitun
  • 100 gram madu atau pemanis lain
  • Sedikit garam 

Cara membuat 

  • Rendam oat dan roti dalam 600 ml air panas selama 30 menit. 
  • Setelah itu masukkan ke dalam blender beserta dengan 1 sendok teh minyak zaitun, 100 gram madu atau pemanis lain, dan sedikit garam selama 1 sampai 2 menit hingga semuanya tercampur rata dan lembut.
  • Simpan adonan tadi ke dalam kulkas hingga dingin. Jika sudah dingin kerok adonan menggunakan pengerok es krim dan sajikan. 

Hidangan dengan menggunakan roti ini tidak akan membosankan. Kamu bisa mengkreasikan olahan roti tanpa harus membuang bagian roti yang gosong. Selamat menikmati hidangan lezat ini. 

Penulis: Tisha Sekar Aji

Hashtag: #Timeless 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading