Sukses

Food

5 Cara Mudah Mengetahui Perbedaan Madu Asli dan Palsu

Fimela.com, Jakarta Madu dikenal tak hanya karena memiliki kelezatan, aroma dan rasa manis yang khas. Madu juga dikenal sebagai super food yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan pun kecantikan. Madu adalah salah satu obat alami terbaik untuk berbagai jenis penyakit. Namun, ini hanya berlaku untuk madu asli. 

Di pasaran, ada beragam madu yang diperjual belikan. Tidak jarang, penjual madu menjual madu palsu atau mengandung campuran gula. Meski banyak madu yang beredar berlabel madu asli, tidak sedikit dari madu tersebut yang tak benar-benar asli atau murni. 

Agar kita tidak tertipu saat membeli madu, ada beberapa cara mudah untuk mengetahui kemurnian madu. Berikut beberapa caranya Sahabat Fimela.

Simpan di Lemari Es

Cara mudah untuk mengetahui keaslian madu yakni dengan memasukkannya sesaat ke dalam lemari es. Madu asli tak akan membeku atau menggumpal saat disimpan di lemari es. Madu asli tak akan berubah bentuk pun warna saat disimpan di suhu rendah. Sementara madu yang mengandung bahan lain atau pemanis buatan, biasanya rentan menggumpal bahkan membeku di suhu yang rendah. Ini juga berisiko berubah warna saat disimpan di lemari es. 

Tes dengan Air

Mengutip dari laman resmi Pelayanan Kesehatan, Kementerian Kesehatan Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan, mengetahui keaslian madu dengan memanfaatkan air. Madu asli tidak akan segera larut saat bercampur dengan air. Sedangkan madu palsu akan langsung mencair atau larut sesaat setelah dicampur dengan air.

Gunakan Cuka

Ketahui keaslian madu dengan memanfaatkan cuka. Jika madu yang dicampur dengan sedikit cuka berbusa, kemungkinan besar madu tidak lagi murni. Ada kemungkinan madu ini telah dicampur bahan lain atau ditambahkan gula ke dalamnya.

Gunakan Tisu

Cara mengetes keaslian madu bisa dilakukan dengan memanfaatkan tisu. Caranya adalah tuang satu tetes madu di atas tisu kering. Madu yang langsung meresap ke dalam tisu menandakan bahwa madu tidak murni lagi. Sedangkan madu asli, tak akan dengan muda meresap ke dalam tisu atau kertas sejenis. Hal ini karena madu asli memiliki kekentalan yang lebih baik dan zat gula alami yang lebih mengikat.

Tes Gunakan Api

Tes keaslian madu menggunakan api. Madu asli akan sangat mudah terbakar ketika terkena api. Sedangkan madu yang telah dipalsukan atau terdapat campuran di dalamnya, akan membutuhkan jeda waktu sesaat hingga akhirnya terbakar. 

Itulah beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengetahu asli tidaknya madu. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading