Sukses

Food

4 Cara Tepat Menyimpan Bawang Merah Agar Lebih Awet

Fimela.com, Jakarta Saat ini bisa dibilang jika harga bawang merah cukup terjangkau untuk semua kalangan. Bawang merah sendiri menjadi salah satu bumbu masakan wajib yang ada di rumah. Ini tak hanya memberi cita rasa gurih pada masakan, ini juga memberi aroma yang lebih wangi dan menggugah selera. Hampir semua jenis masakan baik masakan tumis, bening, kuah santan bahkan bakar akan menggunakan bawang merah di dalamnya. 

Terkait harga bawang merah yang cukup terjangkau, tak ada salahnya untuk membeli bawang merah dalam stok yang cukup banyak dan menyimpannya. Dengan cara yang tepat, bawang merah bisa disimpan dalam waktu yang lebih lama. Untuk kualitas jangan meragunkannya, walau disimpan dalam waktu lama, kualitasnya tetap baik dengan cara penyimpanan yang tepat.

Untuk menyimpan bawang merah agar lebih awet, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Adapun cara tersebut antaranya sebagai berikut:

Simpan di Tempat Kering

Cara tepat yang pertama yakni simpan bawang merah di tempat yang kering dan bersih. Pisahkan bawang merah dengan bumbu masakan lain misal cabai atau sejenisnya. Usahakan juga untuk menyimpan bawang merah di tempat yang cukup mendapat cahaya tapi bukan cahaya. Tempat yang kering dan bersih, akan membuat bawang merah tetap awet dan kering. Ini juga bisa bertahan lebih lama. 

Hindari Menyimpan Bawang Bersama Bumbu Lain

Hindari menyimpan bawang merah bersama bumbu masakan lain selain bawang-bawangan. Menyimpan bawang bersama bahan makanan lain atau bumbu lain seperti cabai akan membuatnya lebih mudah busuk. Begitu juga dengan menyimpan bawang merah dengan bumbu rempah seperti kunyit, jahe atau kencur. Ini rentan membuat bawang kotor atau berdebu. 

Simpan di Wadah Tepat

Usahakan untuk menyimpan bawang merah di wadah tepat. Pilih wadah yang memiliki sirkulasi udara cukup. Kamu bisa menyimpan bawang di wadah anyaman bambu, wadah jaring-jaring terbuat dari plastik atau sejenis. Untuk bawang merah yang masih bersatu dengan daunnya, kamu bisa mengikat daun bawang jadi satu dan gantungkan di tempat yang kering. Penggunaan wadah yang tepat berpengaruh besar terhadap keawetan bawang.

Goreng Bawang dan Simpan

Jika ingin menyimpan bawang dalam waktu yang lebih lama, sebaiknya simpan bawang dalam bentuk kering dengan cara digoreng. Bawang goreng bisa bertahan hingga berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan. Kualitas bawang yang baik, irisan bawang yang sama dan penggorengan hingga benar-benar kering, akan membuat bawang goreng ini tahan lama tanpa bau tengik. 

Itulah tips menyimpan bawang merah agar lebih awet atau tahan lama. Tak ada salahnya untuk mencoba cara ini di rumah ya Sahabat Fimela. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading