Sukses

Food

5 Tips Menyimpan Bawang Merah di Kulkas Agar Tahan Lama

Fimela.com, Jakarta Bawang merah menjadi bumbu wajib untuk sebagian besar jenis masakan. Selain sebagai bumbu masakan, tak jarang bawang merah juga digunakan sebagai bahan alami untuk meredakan kulit gatal akibat gigitan serangga, sebagai bahan alami untuk meredakan nyeri dan radang tenggorokan saat batuk. Atau, sebagai bahan alami untuk menghangatkan tubuh buah hati yang sedang sakit. 

Bawang merah bisa disimpan di suhu ruangan jika ini digunakan setiap hari. Bawang merah, juga bisa disimpan di kulkas agar tahan lebih lama dan awet segar. Namun, bagaimana kira-kira menyimpan bawang merah di kulkas yang tepat? Karena tak jarang, bawang merah yang disimpan di kulkas justru membusuk atau tumbuh tunas. 

Berikut beberapa tips menyimpan bawang merah di kulkas dengan cara yang tepat.

Kupas Sebelum Disimpan

Sebelum memutuskan menyimpan bawang merah di kulkas, pastikan untuk mengupas bawang merah. Selain bisa membuat bawang merah tetap segar, cara ini memungkinkan bawang merah lebih bersih saat disimpan.

Potong Ujung dan Pangkal Bawang Merah

Selain mengupasnya, kamu juga harus memotong ujung dan pangkal bawang merah. Memotong kedua sisi bawang ini bermanfaat mengurangi senyawa yang bisa membuat bawang rentan busuk. Cara ini juga mencegah bawang bertumbuh tunas. 

Simpan Terpisah dari Bumbu Dapur Lainnya

Pastikan untuk menyimpan bawang terpisah dari bumbu dapur lain termasuk terpisah dari bawang putih. Simpan bawang di wadah khusus untuk menyimpan bawang. 

Simpan di Wadah Tertutup

Sebelum dimasukkan ke dalam kulkas, simpan bawang merah di wadah tertutup dan kedap udara. Cara ini membuat bawang merah lebih awet, segar dan kualitasnya terjaga. Ini memungkinkan bawang rendah risiko busuk.

Simpan di Freezer

Jika ingin bawang merah tahan sangat lama hingga berbulan-bulan, simpan bawang merah di freezer. Cara ini memungkinkan bawang merah akan bertahan lebih lama dari seharusnya. Namun, cara ini bisa membuat kualitas bawang menurun dan membuat aroma kulkas menjadi kurang sedap.

Itulah sekian tips yang bisa dilakukan untuk menyimpan bawang merah di kulkas. Semoga tips ini bermanfaat dan selamat mencobanya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading