Sukses

Food

Tips Menyimpan Bawang Merah agar Tahan Lama

Fimela.com, Jakarta Bawang merah dan bawang putih menjadi salah satu bumbu masakan atau rempah yang wajib ada di rumah. Rempah ini menjadi rempah wajib untuk bumbu masakan sehari-hari. Hampir semua jenis masakan baik masakan tumis, bening, kuah santan bahkan bakar akan menggunakan bawang merah di dalamnya. 

Bicara mengenai bawang merah, saat musim hujan seperti sekarang ini biasanya harga bawang merah akan naik jika dibanding hari-hari biasanya. Saat musim hujan, bawang merah juga akan lebih rentan busuk jika tidak disimpan dengan cara tepat. Lantas, bagaimana agar bawang merah lebih tahan lama sata disimpan? Melansir dari laman bonappetit.com Begini tipsnya Sahabat Fimela.

Tips Mudah Menyimpan Bawang Merah

1. Simpan di Tempat Kering

Pastikan untuk menyimpan bawang merah di tempat yang kering dan bersih. Bawang merah yang disimpan di tempat dingin, lembab dan kurang pencahayaan akan lebih mudah busuk. Bawang yang disimpan di tempat lembab juga akan rentan bertunas. Selain simpan di tempat kering, simpan juga bawang merah di tempat yang memiliki pencahayaan cukup. 

2. Perhatikan Wadah Menyimpan  Bawang

Usahakan agar wadah menyimpan bawang memiliki sirkulasi udara cukup. Wadah berupa jaring-jaring plastik atau anyaman bambu akan membuat bawang lebih tahan lama. 

3. Jangan Simpan Bersama Bumbu Lain Selain Bawang-Bawangan

Hindari menyimpan bawang merah bersama bumbu masakan lain selain bawang-bawangan. Menyimpan bawang bersama bahan makanan lain atau bumbu lain seperti cabai akan membuatnya lebih mudah busuk. 

4. Simpan Bawang dengan Cara Digoreng Kering

Jika ingin menyimpan bawang dalam waktu yang lebih lama, sebaiknya simpan bawang dalam bentuk kering dengan cara digoreng. Bawang goreng bisa bertahan hingga berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan. Saat menggoreng, sebaiknya goreng bawang hingga benar-benar kering dan tiriskan hingga benar-benar tiris. 

Itulah tips menyimpan bawang merah agar lebih tahan lama. Bawang akan lebih tahan lama jika disimpan di tempat terbuka yang kering jika dibandingkan disimpan di dalam lemari es. Kalau memang kamu ingin menyimpan di lemari es, kamu bisa menyimpan bawang yang telah dicincang halus kemudian dimasukkan ke dalam botol berisi minyak dan kedap udara. Atau haluskan bawang kemudian gongso atau masak menjadi pasta bawang merah. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading