Sukses

Food

5 Resep Jamu Rumahan Herbal Obat Asam Lambung Paling Ampuh

Fimela.com, Jakarta Asam lambung adalah cairan yang dihasilkan oleh lambung untuk membantu proses pencernaan makanan. Normalnya, asam lambung memiliki tingkat keasaman yang sesuai untuk mencerna makanan dengan efisien. 

Namun, asam lambung berlebih bisa menimbulkan sensasi terbakar yang tidak nyaman di dada, yang dikenal sebagai heartburn. Selain itu, bisa juga menyebabkan gangguan seperti GERD (Gastroesophageal Reflux Disease). 

Pengobatan asam lambung bisa melalui obat-obatan medis, tetapi pengobatan alami menggunakan ramuan herbal juga dapat membantu meredakan asam lambung. Berikut resep ramuan herbal asam lambung yang dilansir dari Tua Saúde pada Rabu (8/11/2023).

Teh Jahe

Teh jahe mengandung banyak manfaat kesehatan dan diketahui dapat memperlancar pencernaan. Teh ini meningkatkan produksi enzim pencernaan. Selain itu, karena senyawa fenoliknya, jahe juga merupakan bahan yang sangat baik untuk meredakan iritasi lambung. 

Bahan:

4-5 irisan jahe 

1L air dingin 

Cara Membuat:

Untuk menggunakan teh jahe sebagai obat asam lambung, iris jahe tipis hingga 4-5 irisan. Opsi lainnya bisa menggunakan 2 sendok makan jahe parut. Tambahkan irisan jahe atau jahe parut ke dalam satu liter (sekitar 34 ons) air dingin.

Baking Soda

Natrium bikarbonat atau yang lebih dikenal sebagai soda kue adalah garam alkali alami yang dapat digunakan untuk mengurangi asam lambung selama kambuh. Soda kue dapat ditemukan dengan mudah sehingga bisa menjadi opsi obat rumahan asam lambung. 

Bahan:

1 sendok makan soda kue

250 mL air 

Cara membuat:

Cara membuat ramuan herbal ini sangat mudah. Untuk menggunakan natrium bikarbonat sebagai obat asam lambung, larutkan 1 sendok makan bubuk soda kue ke dalam sekitar 250ml.

Air Lemon

Air yang dicampur dengan lemon adalah obat alami yang sudah lama digunakan untuk meredakan sakit maag dan nyeri refluks asam lambung. Air lemon mengandung sifat alkali dan bekerja sebagai antasida alami.

Bahan: 

1 sendok makan jus lemon

1 cangkir air hangat

Cara membuat: 

Siapkan satu sendok makan jus lemon, lalu tuangkan jus lemon yang telah sesuai takaran ke dalam satu cangkir air hangat. Air lemon ini dapat diminum 30 menit sebelum makan.

Perlu dikatahui bahwa ada penelitian yang menunjukkan bahwa air lemon juga dapat memperburuk gejala pada beberapa orang. Oleh karena itu, ketika telah mencoba air lemon tetapi gejalanya memburuk, beralihlah ke metode pengobatan lain. 

Jus Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki sifat menenangkan yang dapat membantu mengurangi peradangan pada lambung dan kerongkongan. Hal ini dapat mengurangi rasa sakit dan rasa terbakar yang terkait dengan naiknya asam lambung.

Bahan:

100 gram gel lidah buaya

1 liter air

Cara membuat:

Untuk membuat jus lidah buaya di rumah, cuci dan keringkan daun lidah buaya secara menyeluruh. Kemudian, potong pangkal daun dan ambil gel yang terdapat di dalamnya. Masukkan gel ke dalam blender lalu campur dengan air. Setelah diblender, jus siap diminum.

Teh Chamomile

Chamomile dapat membantu pengobatan berbagai kondisi seperti masalah perut, pencernaan yang tidak lancar, dan maag. Untuk membantu mengobati asam lambung, dianjurkan untuk minum 2 hingga 3 cangkir teh chamomile setiap hari.

Teh chamomile juga dapat membantu meredakan kecemasan dan stres, yang juga merupakan faktor naiknya asam lambung. 

Rebusan Apa yang Bisa Mengobati Asam Lambung?

Bahan dapur seperti jahe dan sereh bisa dijadikan bahan jamu tradisional untuk asam lambung.

Langkah Pertama Jika Asam Lambung Naik?

Saat asam lambung naik, pertolongan pertama yang dapat dilakukan adalah duduk tegak secara rileks, minum air hangat, mengunyah permen karet, dan tidur miring ke kiri.

Makanan Apa Saja yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Lambung?

Penderita asam lambung dianjurkan untuk mengurangi konsumsi coklat, makanan pedas, minuman beralkohol, dan kopi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading