Sukses

Food

Resep Sekoteng Ala Kaki Lima Minuman Tradisional yang Memikat Lidah

0(0)

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Fimela.com, Jakarta Sekoteng merupakan minuman hangat khas Indonesia yang dibuat dari aneka bahan. Biasanya, minuman ini disuguhkan hangat untuk menghangatkan tubuh di malam hari atau ketika suhu udara menurun.

Dalam proses pembuatan sekoteng, bahan-bahannya direbus bersama air sampai semua bahan matang sempurna. Kombinasi rasa manis dari gula merah dan kehangatan dari jahe, ditambah dengan tekstur menarik dari kacang dan biji-bijian, menciptakan rasa yang sangat khas.

Minuman ini kerap dijadikan sebagai penyegar yang juga berfungsi menghangatkan tubuh, idealnya dinikmati saat cuaca dingin atau di malam hari. Keunikan rasa dan ragam bahan yang digunakan menjadikan sekoteng minuman favorit banyak orang di Indonesia. Inilah resep membuat sekoteng ala penjual keliling:

Resep Sekoteng

Bahan-bahan:

  • 1 ruas jahe, memarkan atau iris tipis.
  • 100 gram gula merah, sisir atau serut.
  • 100 gram kacang hijau, rendam semalam (opsional).
  • 50 gram mutiara (biji selasih), rendam hingga mengembang.
  • 50 gram kacang tanah, sangrai dan kupas kulitnya.
  • 50 gram biji salak (mata naga) kering.
  • 2 liter air.
  • 4 potong roti tawar, potong kecil (opsional).

Cara Membuat:

  1. Didihkan air dalam sebuah panci yang cukup besar. Kemudian, masukkan jahe yang telah diparut atau diiris halus ke dalam air yang mendidih dan biarkan selama beberapa menit agar air menyerap aroma jahe.
  2. Lanjutkan dengan menambahkan gula merah ke dalam air mendidih dan aduk hingga terlarut sepenuhnya.
  3. Apabila kamu menggunakan kacang hijau, masukkan kacang hijau yang telah direndam semalaman ke dalam air mendidih dan masak sampai kacang hijau empuk, yang mungkin memerlukan waktu sekitar 30-40 menit tergantung pada jenis kacang hijau.

  4. Setelah itu, tambahkan biji salak kering, kacang tanah yang telah disangrai, dan mutiara yang telah mengembang ke dalam panci. Biarkan semua bahan tersebut mendidih bersama-sama hingga semuanya matang.

  5. Jika ingin menambahkan roti tawar, masukkan potongan roti ke dalam panci dan tunggu hingga roti lembut dan tercampur rata dengan bahan lain.

  6. Setelah semua bahan tercampur rata dan matang, matikan kompor dan sajikan sekoteng hangat dalam mangkuk atau gelas.

Nikmati sekoteng hangat ini sebagai minuman yang dapat menghangatkan tubuh. Cobalah membuat sekoteng ala penjual kaki lima ini dan rasakan kehangatannya! 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

What's On Fimela
Loading