Sukses

Food

Resep Daun Rebusan untuk Turunkan Kadar Gula Darah dan Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Mengelola kolesterol dan gula darah menjadi kunci stabilitas kesehatan. Gula darah tinggi dapat memicu diabetes, sementara kolesterol tinggi meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Dikutip dari Kompas.com bahwa diabetes dan kolesterol saling berpengaruh, di mana diabetes cenderung mengurangi kolesterol baik dan meningkatkan trigliserida serta kolesterol jahat.

Penyembuhan gula darah dan kolesterol harus segera diobati guna mencegah komplikasi penyakit. Air rebusan dua jenis daun ini terbukti efektif menurunkan tingkat gula darah dan kolesterol.

Penting untuk diingat bahwa pengelolaan gula darah dan kolesterol melibatkan gaya hidup sehat dan pola makan yang baik. Beberapa jenis dedaunan memiliki sifat menurunkan gula darah dan kolesterol tinggi, dan berikut adalah daun-daun herbal yang bermanfaat jika dikonsumsi dengan tepat.

Simak informasi selengkapnya, dirangkum dari berbagai sumber, pada Jumat (15/12/2023).

1. Daun Salam

Daun salam seringkali digunakan sebagai bahan penyedap makanan karena aroma khasnya. Namun, faktanya daun salam juga memiliki manfaat untuk menurunkan tingkat kolesterol dan gula darah.

Kandungan Daun Salam

Dikutip dari halodoc yang ditinjau oleh dr. Rizal Fadli, bahwa daun salam mengandung senyawa-senyawa aktif seperti niasin, serat, dan tanin. Selain itu, daun salam juga mengandung vitamin A, vitamin C, asam folat, serta flavonoid yang memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan.

Penggunaan Daun Salam

Menurut penelitian yang dilakukan pada tahun 2016 dan diterbitkan dalam Journal Clinical Biochemistry and Nutrition, menyatakan bahwa mengonsumsi sekitar 1 hingga 3 gram daun salam selama 30 hari terbukti efektif meningkatkan fungsi insulin pada individu yang menderita diabetes tipe II.

2. Daun Kelor

Daun kelor dikenal sebagai tanaman yang mengandung banyak antioksidan sehat dan senyawa bioaktif. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa daun kelor dapat berperan dalam menurunkan kadar gula darah.

Kandungan Daun Kelor

Dikutip dari Kontan.co.id, daun kelor memiliki kandungan klorogenat, suatu jenis antioksidan yang berfungsi menjaga agar kadar gula darah tetap terkontrol. Selain itu, vitamin C yang terdapat dalam daun kelor terbukti mampu mengurangi tingkat gula darah dan tekanan darah pada penderita diabetes tipe 2.

Penggunaan Daun Kelor

Dalam satu penelitian pada 30 wanita yang dipublikasikan di Journal of Food Science and Technology, menyatakan bahwa mengonsumsi bubuk daun kelor sebanyak 7 gram setiap hari selama tiga bulan terbukti dapat mengurangi rata-rata kadar gula darah sebesar 13,5 persen. 

Penelitian kecil pada sekelompok orang dengan diabetes juga menemukan bahwa penambahan 50 gram daun kelor ke dalam makanan dapat mengurangi peningkatan kadar gula darah sebesar 21 persen.

Berapa Lembar Daun Salam Direbus Untuk Menurunkan Gula Darah?

Salah satu cara untuk membuat rebusan daun salam yang dapat membantu menurunkan gula darah adalah dengan merebus 20 gram daun salam dalam 400 ml air menggunakan panci infus selama 15 menit. Disarankan untuk mengonsumsi rebusan daun salam sebanyak 200 ml per hari jika diperlukan.

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Minum Air Rebusan Daun Salam?

Rebus 1 liter air dengan 1 sendok makan kayu manis bubuk, 6 lembar daun salam, dan 1 sendok makan madu murni. Minum air rebusan ini di pagi hari saat perut masih kosong.

Penderita Kolesterol Tidak Boleh Minum Apa?

Hindari minuman beralkohol berlebihan, minuman berenergi, minuman bersoda, minuman berkafein berlebihan, minuman campuran yang mengandung gula tambahan, dan minuman berbasis susu penuh.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading