Sukses

Food

Resep Almond Sponge Cake yang Lembut dan Berpori

0(0)

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Fimela.com, Jakarta Kue sponge cake merupakan kue yang dibuat dari bahan-bahan sederhana seperti telur, gula, tepung, dan sedikit minyak atau mentega. Kue ini memiliki tekstur yang ringan, lembut, dan berpori karena adonan yang mengembang sempurna saat dipanggang.

Untuk membuat kue sponge cake, telur dan gula dikocok hingga mengembang dan kental. Lalu, tepung ditambahkan secara perlahan ke dalam campuran telur sambil adonan dikocok dengan hati-hati. Hal ini bertujuan agar udara tetap terjaga dalam adonan dan membuat kue mengembang sempurna saat dipanggang.

Kue sponge cake dapat diberi berbagai macam rasa dengan menambahkan bahan seperti vanila, cokelat, lemon, atau buah-buahan. Kue ini bisa dijadikan sebagai dasar untuk kue tart, dipotong menjadi lapisan-lapisan untuk kue gulung, atau disajikan dengan gula halus atau saus buah sebagai hidangan penutup yang mudah dan nikmat. Ini dia resep mudah membuat almond sponge cake yang dapat kamu coba:

Almond Sponge Cake

Bahan-bahan:

  • 6 butir telur, pisahkan putih dan kuning telurnya.
  • 150 gram gula pasir.
  • 120 gram tepung terigu serba guna.
  • 50 gram tepung almond.
  • 1 sendok teh baking powder.
  • 1/4 sendok teh garam.
  • 100 gram mentega, lelehkan dan dinginkan.
  • 1 sendok teh ekstrak almond.
  • Sejumput garam.
  • Almond iris atau serpihan almond untuk hiasan (opsional).

Cara Membuat:

  1. Panaskan oven sampai 175 derajat Celsius. Siapkan loyang bulat berdiameter sekitar 22-24 cm, oles dengan mentega, dan lapisi dengan kertas roti. Simpan sementara.
  2. Campur tepung terigu, tepung almond, baking powder, dan garam. Ayak bahan-bahan ini bersama-sama agar tidak bergerindil dan tercampur dengan baik. Simpan sementara.
  3. Dalam mangkuk besar, kocok kuning telur dan separuh gula dengan mixer sampai mengembang dan berwarna kuning muda. Masukkan ekstrak almond dan mentega cair secara perlahan. Aduk sampai rata.
  4. Dalam mangkuk lain yang bersih, kocok putih telur dengan sisa gula dan sedikit garam dengan mixer sampai membentuk puncak yang keras dan berkilau.
  5. Secara bertahap, tambahkan campuran tepung ke dalam adonan kuning telur sambil diayak, lalu aduk dengan spatula sampai tercampur dengan baik.
  6. Secara bertahap, tuangkan adonan ke dalam mangkuk putih telur dan aduk dengan lembut dengan gerakan memutar menggunakan spatula sampai semua tercampur dengan halus dan merata.
  7. Tuangkan adonan ke dalam loyang yang sudah disiapkan, ratakan permukaannya, dan masukkan ke dalam oven yang sudah dipanaskan selama kurang lebih 30-35 menit atau sampai permukaannya berwarna kecoklatan dan tusuk gigi yang ditusukkan ke tengah kue keluar bersih.
  8. Setelah matang, keluarkan dari oven dan biarkan kue dingin di dalam loyang selama beberapa menit sebelum dipindahkan ke rak pendingin untuk didinginkan seluruhnya.
  9. Taburi almond sponge cake dengan irisan almond atau potongan almond sesuai selera sebelum disajikan.

Semoga berhasil membuat almond sponge cake!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

What's On Fimela
Loading