Sukses

Food

Inilah Cara Untuk Menyimpan Sprinkles Kue agar Tidak Menggumpal

Fimela.com, Jakarta Dalam mendekorasi kue, salah satu yang menjadi andalan tersendiri adalah sprinkles. Rasanya yang tergolong manis dengan varian warna yang ceria dan khas membuat sprinkle ini dicintai oleh masyarakat khususnya perempuan. Biasanya mereka mendambakan ulang tahun dengan nuansa ideal seperti ala princess dengan tatanan warna pink dan ungu. Dari sanalah taburan sprinkles berwarna senada menjadi pasar tersendiri untuk mereka. 

Banyak sekali orang yang kesulitan untuk menentukan sprinkles yang cocok untuk dekorasi kue. Selain itu, mereka juga harus mengetahui jika ada jenis sprinkle yang hanya dijadikan sebagai dekorasi dan tidak dapat dimakan. Kamu bisa membedakannya dari jenis bahannya. Umumnya, sprinkles yang satu ini berbahan dasar logam. 

Selain kesulitan dalam menentukan jenis sprinkles, banyak orang yang masih abai dengan sprinkles. Khususnya dalam menyimpan sprinkles, banyak yang masih menyimpan sprinkles dengan cara yang tidak tepat dan mengakibatkan sprinkles menggumpal. Akhirnya kamu tidak dapat mendekorasi kue dengan cantik dan sesuai dengan keinginan.

Apa saja jenis sprinkles yang umumnya sering digunakan dan bagaimana cara menyimpan sprinkles agar tidak menggumpal dan tetap terjaga dengan baik? Berikut tips dari Sweet & Treats The Blog dan Tulip Chocolate yang bisa kamu ikuti. 

Tipe-tipe sprinkles yang harus kamu ketahui

Sebelum menyimpan sprinkles ada baiknya kamu mengetahui jenis-jenis sprinkles kue yang sering digunakan: 

Jimmies

Jimmies atau yang dikenal dengan sebutan meses di Indonesia ini memiliki bentuk yang lonjong dan panjang serta bertekstur crunchy dengan after taste rasa manis. Jenis yang satu ini sering digunakan untuk dekorasi kue ulang tahun. 

Dragees 

Memiliki sebutan lain yaitu sugar pearls, bagian luar dragees ini sedikit keras namun tetap bisa dimakan. Selain jenis yang bisa dimakan, ada juga jenisnya yang berbahan logam dan hanya digunakan sebagai dekorasi kue saja. 

Crispies

Terakhir ada crispies, rasanya seperti crunch yang sering dimakan ketika sarapan dulu. Rasanya yang manis dan berbentuk seperti permen ini sering juga digunakan dalam berbagai kue. Termasuk kue ulang tahun, dan crispies ini juga digemari oleh banyak masyarakat termasuk perempuan. 

Tips menyimpan sprinkles agar tidak menggumpal

Ketahuilah jika sprinkle termasuk benda yang membutuhkan effort untuk menyimpannya. Hal ini dikarenakan sprinkle tidak ramah dengan cahaya dan kelembaban ruangan. Pada suhu ruangan yang begitu tinggi, warna sprinkle mudah berubah dan menjadi tidak selayaknya. 

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa menyimpan sprinkle pada ruangan yang kering namun sejuk dan jauh dari sinar matahari serta berbagai jenis cahaya. Kamu juga sebaiknya menyimpan sprinkle di dalam kotak khusus agar sprinkles tahan lama dan mencegahnya untuk tidak menggumpal. 

 

Dengan ini kamu bisa berkreasi dengan tenang tanpa harus takut sprinklesmu menggumpal. Kamu juga perhatikan hal-hal seperti jangan membiarkan sprinkles berada di suhu yang terbuka dan jangan sampai lupa untuk menutup tempat penyimpanan karena sprinklesmu akan meleleh! 

 

Penulis: Tisha Sekar Aji

Hashtag: #Timeless 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading