Sukses

Food

4 Tips Menyimpan Egg Tart agar Tetap Lembut saat Dimakan

Fimela.com, Jakarta Egg tart paling enak dimakan selagi hangat setelah matang dari oven dan setelah krimnya cukup padat. Tapi terkadang jika membuat dalam jumlah banyak dan tidak habis dalam sekali makan, kita juga bisa menyimpannya sehingga bisa dimakan esok hari. Beberapa orang bahkan membuatnya untuk dijual sehingga perlu resep dan proses pemanggangan yang tepat agar egg tart bisa awet tahan lama dan tidak mudah basi.

Jika ingin menyimpan egg tart, seringkali kurang enak karena teksturnya jadi terlalu padat dan keras. Tapi jika ingin egg tart tetap lembut saat akan dimakan, ikuti tips menyimpan egg tart berikut ini

1. Jangan disimpan saat masih panas

Hindari langsung menyimpan egg tart yang masih panas atau pun hangat. Setelah matang dari oven, biarkan hingga agak dingin lalu pindahkan ke atas rak kawat untuk sirkulasi udara lebih baik, diamkan hingga benar-benar dingin. Setelah itu baru boleh dikemas di dalam plastik atau wadah stoples plastik. Buru-buru mengemas egg tart saat suhunya belum benar-benar dingin berisiko membuatnya gampang lembap, basi dan berjamur. Jadi pastikan egg tart benar-benar dingin atau suhu ruangan baik kulit maupun isiannya.

2. Simpan di wadah tertutup

Jika berencana memakan egg tart untuk esok hari atau lusa, sebenarnya cukup dikemas dalam stoples tertutup dan letakkan di meja dalam keadaan suhu ruangan, atau disimpan di lemari makan. Umumnya egg tart yang dipanggang dengan baik dan disimpan dalam kondisi benar-benar dingin tidak masalah dimakan begitu saja esok harinya tanpa perlu disimpan di kulkas. Jika disimpan di kulkas, egg tart cenderung terlalu padat dan tidak lembut saat dimakan.

3. Simpan di kulkas

Jika bermaksud menyimpan egg tart lebih lama lagi, misalnya seminggu, lebih baik simpan di kulkas. Tidak perlu disimpan di chiller atau freezer, cukup di rak bawah kulkas. Kemas dulu di dalam stoples plastik atau wadah tertutup. Ketika ingin memakannya, cukup keluarkan dari kulkas, biarkan suhu ruangan lalu makan dengan teh atau kopi hangat.

4. Hangatkan sebelum dimakan

Kunci tekstur egg tart tetap lembut meski sudah disimpan dalam beberapa hari adalah dengan menghangatkannya kembali di microwave, oven atau teflon. Tidak butuh waktu lama, cukup 1-2 menit saja, isian egg tart akan menjadi hangat empuk lembut di mulut, dan luarnya tetap renyah garing.

Itu dia tips menyimpan egg tart agar tetap lembut. Semoga bermanfaat.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading