Sukses

Food

10 Pilihan Makanan Enak yang Ampuh Menurunkan Kolesterol Tinggi

Fimela.com, Jakarta Kolesterol tinggi sebagai salah satu masalah kesehatan yang tak boleh disepelekan begitu saja. Sayangnya, saat ini masih banyak orang yang acuh akan hal ini. Banyak orang-orang di usia yang masih sangat muda, justru sudah mengalami kolesterol tinggi. Dan penyebab utama dari risiko ini adalah gaya hidup serta pilihan makanan sehari-hari mereka. 

Tingkat kolesterol yang tinggi bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan pembekuan pembuluh darah. Untuk itu, sangat penting bagi kita untuk memilih makanan sehari-hari yang lebih sehat secara bijaksana. Beberapa makanan dipercaya bisa meningkatkan kolesterol secara signifikan di waktu yang sangat singkat. Dan beberapa makanan lainnya, justru bantu menstabilkan bahkan menurunkan kolesterol tinggi. 

Dari laman healthline.com, berikut ini ada beberapa makanan enak yang cukup ampuh menurunkan kolesterol tinggi. Adapun makanan tersebut antaranya sebagai berikut.

Oatmeal

Makanan enak pertama ada oatmeal. Makanan ini kaya akan serat beta-glukan. Ini terbukti bisa menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam tubuh. Sarapan dengan oatmeal akan  menjadi langkah awal yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Tak hanya menurunkan kolesterol, oatmeal juga sebagai salah satu menu terbaik untuk program penurunan berat badan. 

Ikan Berlemak

Ikan berlemak seperti salmon mengandung asam lemak omega-3. Kandungan nutrisi ini bisa meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik) dan mengurangi kolesterol LDL dalam tubuh. Konsumsi ikan dua kali seminggu, dipercaya memberikan manfaat kesehatan yang signifikan terutama yang terkait dengan kolesterol. 

Alpukat

Buah alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang bisa membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL dan menurunkan kolesterol LDL. Makan alpukat secara teratur, mampu menjadi cara terbaik menstabilkan kolesterol dalam tubuh. Ini juga membantu menstabilkan gula dan tekanan darah tinggi. 

Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang-kacangan seperti kacang almond, kenari, dan biji-bijian seperti chia seeds dan flaxseeds kaya akan serat, protein, dan asam lemak omega-3. Makanan ini membantu mengontrol kadar kolesterol dan memberikan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. 

Buah dan Sayur Berwarna-warni

Buah-buahan dan sayuran yang berwarna-warni mengandung antioksidan dan serat tinggi. Serat membantu mengurangi penyerapan kolesterol dari makanan. Beberapa buah dan sayur ini antaranya blueberry, stroberi, brokoli, kubis merah, bayam merah, buah bit, wortel dan masih banyak lagi. 

Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung. Menggantikan minyak lain dengan minyak zaitun dalam masakanmu sehari-hari, bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh.

Beras Merah dan Gandum Utuh

Makanan tinggi serat seperti beras merah dan gandum utuh juga membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Ganti produk olahan, dengan pilihan yang lebih utuh untuk memaksimalkan manfaat sehat darinya. 

Teh Hijau

Teh hijau mengandung senyawa polifenol yang akan membantu menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung. Minum teh hijau secara teratur bisa menjadi kebiasaan sehat. Ini tak hanya menurunkan kolesterol jahat, ini juga menurunkan gula darah dan tekanan darah tinggi. Ini bahkan bisa bikin suasana hati lebih baik setiap harinya. 

Bawang Putih

Bawang putih mengandung allicin, yakni senyawa yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah. Tambahkan bawang putih segar atau mentah ke dalam makananmu untuk mendapatkan manfaatnya. Tak perlu banyak-banyak, cukup dua sampai tiga siung bawang putih setiap harinya demi dapatkan hasil yang maksimal. 

Dark Chocolate

Dark chocolate yang mengandung minimal 70% kakao, akan cukup membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh dan melindungi arteri. Konsumsi dalam jumlah yang teoat, bisa menjadi pilihan manis yang sehat.

Mengintegrasikan berbagai makanan sehat ke dalam pola makan sehari-hari akan cukup membantu mengelola kadar kolesterol tinggi. Usahakan untuk selalu konsultasikan hal ini dengan dokter atau ahlinya ya Sahabat Fimela. Memilih makanan sehat juga harus diimbangi dengan konsumsi dalam jumlah tepat dan konsumsi makanan lain untuk menyeimbangkan nutrisinya. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading