Sukses

Food

Cara Membuat Rebusan Kolang-Kaling untuk Menurunkan Asam Urat dan Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Kolang-kaling selama ini mungkin hanya dimakan sebagai tambahan es campur, es buah, kolak atau berbagai macam olahan es dan kudapan manis berkuah lainnya. Tapi sebenarnya kolang-kaling juga memiliki banyak manfaat kesehatan, terutama menurunkan asam urat dan kolesterol. Itu karena kandungan serat dalam kolang-kaling yang tinggi sehingga mampu membawa kelebihan asam urat dan kolesterol keluar dari tubuh.

Kandungan senyawa polisakarida galactomannan di dalam kolang-kaling juga dapat menurunkan tekanan darah sekaligus menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Begitu pula sifat antiinflamasi pada kolang-kaling, sangat efektif dalam meredakan nyeri sendi karena asam urat. Bahkan mengonsumsi kolang-kaling bisa menurunkan kadar gula darah jika diolah tanpa menambahkan gula atau pemanis lainnya.

Jika ingin mencoba membuat rebusan kolang-kaling yang enak untuk menjaga kesehatan tubuh, ini dia resep yang bisa dicoba.

Bahan dan Cara Membuat

Bahan:

  • 150 gram kolang kaling
  • 1 lembar pandan
  • 3 cm kayu manis
  • 2 butir cengkeh
  • 1 sdt gula pasir (optional)
  • air secukupnya

Cara membuat:

  1. Cuci bersih kolang-kaling.
  2. Rebus air secukupnya hingga mendidih. Masukkan biji kolang-kaling.
  3. Masukkan pandan yang sudah diikat simpul, kayu manis dan cengkeh.
  4. Rebus hingga mendidih bersama kolang-kaling selama 10 menit, tambahkan gula. Aduk hingga larut. Jika ingin sekalian menurunkan gula darah, tidak perlu menambahkan gula.
  5. Angkat dan tuang ke dalam mangkuk. Tiriskan pandan, kayu manis dan cengkehnya saja.

Makan kolang-kaling beserta air rebusannya untuk menjaga kesehatan, terutama melancarkan pencernaan, menurunkan kolesterol dan mengatasi asam urat.

 

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading