Sukses

Food

5 Makanan Tinggi Karbohidrat Rendah Gula yang Aman Dikonsumsi Sehari-Hari

Fimela.com, Jakarta Karbohidrat sering dianggap sebagai musuh dalam program penurunan berat badan atau diet sehat. Ini juga dianggap kurang ramah bagi bagi mereka yang ingin mengontrol kadar gula darahnya. Namun, tidak semua karbohidrat diciptakan sama Sahabat Fimela. Beberapa makanan tinggi karbohidrat memiliki kandungan gula alami yang rendah. Sehingga ini aman bagi program diet pun bagi mereka yang takut gula darahnya bakal meningkat. 

Beberapa sumber karbohidrat bisa menjadi pilihan yang baik untuk memenuhi kebutuhan energi, tanpa meningkatkan kadar gula darah secara signifikan. Ini juga aman jika harus dikonsumsi sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa makanan tinggi karbohidrat yang ternyata sangat rendah kandungan gula di dalamnya.

Jagung

Jagung merupakan sumber karbohidrat pertama yang kaya serat dan rendah gula. Serat dalam jagung membantu menjaga rasa kenyang lebih lama. Ini akan mengatur penyerapan gula dalam tubuh. Jagung juga mengandung nutrisi terbaik bagi tubuh seperti seperti vitamin B, magnesium, dan antioksidan. Mengganti nasi beras dengan nasi jagung, bisa jadi pilihan terbaik bagi kamu yang ingin membatasi asupan gula. 

Singkong

Singkong merupakan sumber karbohidrat yang rendah gula dan tinggi serat. Karbohidrat kompleks dalam singkong memberikan energi secara bertahap dan stabil. Sementara serat membantu mengontrol kadar gula darah dan menjaga pencernaan yang sehat. Singkong adalah makanan yang mengandung vitamin C, vitamin B6, dan mineral seperti mangan dan kalium sehingga sangat baik bagi tubuh. 

Kentang

Kentang sering dianggap sebagai makanan tinggi karbohidrat yang harus dihindari. Namun jangan salah, kentang sebenarnya justru bisa menjadi pilihan yang sehat jika dimasak dengan cara yang tepat. Kentang mengandung karbohidrat kompleks untuk memberikan energi tahan lama tanpa menyebabkan lonjakan gula darah. Penting untuk memilih kentang yang belum diproses, dan menghindari pengolahan yang berlebihan seperti penggorengan atau penambahan banyak gula agar lebih sehat. 

Ubi Jalar

Ubi jalar adalah sumber karbohidrat yang rendah gula dan tinggi serat. Meski umumnya memiliki cita rasa manis, kandungan gula di dalamnya cukup terbatas. Serat dalam ubi jalar membantu menjaga kesehatan pencernaan. Ini juga membantu mengatur penyerapan gula dalam darah. Ubi jalar mengandung beta-karoten, vitamin C, dan kalium, yang membuatnya menjadi pilihan makanan yang sehat dan bergizi.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang hitam, dan kacang polong adalah sumber karbohidrat yang rendah gula dan tinggi serat. Kacang-kacangan juga mengandung protein nabati, yang membantu menjaga rasa kenyang lebih lama. Ini juga mempercepat metabolisme. Selain itu, kacang-kacangan mengandung sejumlah besar vitamin, mineral, dan antioksidan yang penting bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Nah, itulah sekian makanan sumber karbohidrat yang rendah gula di dalamnya. Makanan ini aman dikonsumsi sehari-hari bagi kamu yang sedang menjalani program diet pun yang khawatir akan mengalami kenaikan gula darah dalam tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading