Sukses

Food

Cara Membuat Rebusan Daun Sirsak untuk Penurun Asam Urat dan Kolesterol

0(0)

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Fimela.com, Jakarta Pohon sirsak sudah dikenal sebagai salah satu tanaman obat terutama dimanfaatkan buah dan daunnya. Jika buahnya sudah umum dikonsumsi, beda dengan daunnya. Daun sirsak memiliki manfaat yang hampir sama dengan buahnya, bahkan lebih baik lagi dalam menurunkan asam urat dan kolesterol.

Daun sirsak memiliki kandungan antioksidan seperti flavonoid, tanin, dan alkaloid yang dapat menurunkan kolesterol dalam darah. Kandungan antioksidan tinggi pada rebusan daun sirsak juga efektif dalam menurunkan peradangan dan nyeri sendi terutama akibat peningkatan asam urat pada tubuh. Kandungan acetogenin, annocatalin, asam gentisic, annomuricin, caclourin, dan asam linoleat dapat membantu pembuangan kelebihan asam urat di dalam tubuh sehingga mengurangi kelelahan, nyeri sendi dan saraf.

Cara mendapatkan manfaat daun sirsak cukup dengan direbus. Ini beberapa cara membuat rebusan daun sirsak untuk penurun asam urat dan kolesterol.

1. Direbus segar

Ambil daun sirsak yang masih segar dari pohonnya, usahakan jangan yang terlalu tua. Rebus air hingga mendidih. Cuci bersih daun sirsak lalu masukkan ke dalam air rebusan. Didihkan daun sirsak selam 5-6 menit atau hingga airnya cukup keruh, angkat. Saring dan minum air rebusan sirsak. Minum air rebusan bisa diulangi sehari atau dua kali sehari, tergantung kondisi tubuh. Jika dirasa minum satu cangkir per hari sudah cukup, maka tak perlu diminum berlebihan.

2. Direbus kering

Bagi banyak orang yang tidak memiliki pohon sirsak di rumah, tentu akan lebih praktis jika mengeringkan daunnya di rumah atau justru membeli daun sirdak dalam kondisi kering sehingga bisa disimpan dan direbus kapan saja. Caranya juga mudah, cukup bersihkan daun sirsak kering, rebus air hingga mendidih lalu masukkan daun sirsak. Tunggu hingga airnya kecokelatan lalu saring air rebusannya. Minum selagi hangat, akan lebih baik jika tak ditambah gula atau pemanis lainnya agar efeknya lebih baik.

3. Dicampur dengan bahan lain

Minum air rebusan daun sirsak begitu saja mungkin terasa kurang enak. Sebenarnya boleh mencampur daun sirsak dengan tanaman obat lain agar khasiat menurunkan asam urat dan kolesterol bisa lebih kuat, misalnya ditambahkan beberapa rempah aromatik dan terkenal sebagai penurun asam urat dan kolesterol lainnya, seperti kayu manis, cengkeh, serai, jahe, kunyit, kencur atau daun salam. Rebus bahan-bahan tersebut lalu saring dan minum airnya.

Itu dia beberapa cara membuat rebusan daun sirsak untuk menurunkan asam urat dan kolesterol. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba di rumah.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

What's On Fimela
Loading