Sukses

Food

Cara Membuat Rebusan Mengkudu untuk Penurun Kolesterol dan Gula Darah

Fimela.com, Jakarta Buah mengkudu pernah menjadi primadona pengobatan tradisional zaman dahulu, bahkan masih sering dimanfaatkan hingga sekarang meski tanamannya sendiri sudah sangat jarang ditemui. Jika kebetulan memiliki pohon mengkudu di sekitar rumah, akan lebih baik jika bisa memanfaatkan buahnya untuk menjaga kesehatan karena sari buah mengkudu bisa menurunkan kolesterol, gula darah dan darah tinggi.

Meskipun penelitian tentang manfaat dan kandungan buah mengkudu masih terbatas, tapi banyak orang yang meyakini khasiatnya terhadap kesehatan. Cara mendapatkan manfaat buah mengkudu pun mudah, cukup direbus dan diminum air rebusannya. Ini dia cara membuatnya.

Cara merebus buah mengkudu

Bahan

  • 2 buah mengkudu
  • 500 ml air
  • madu atau gula (optional)

Cara membuat rebusan mengkudu

  1. Ambil buah mengkudu yang cukup matang, berwarna pucat dan agak transparan.
  2. Cuci bersih mengkudu matang dengan air bersih.
  3. Hancurkan atau potong-potong buah mengkudu di dalam wadah.
  4. Rebus air hingga mendidih, masukkan buah mengkudu.
  5. Didihkan selama 5 menit sambil sesekali diaduk. Angkat. 
  6. Saring air rebusan mengkudu dan tunggu hingga tidak terlalu panas.
  7. Minum selagi hangat.

Air rebusan mengkudu juga bisa dibiarkan dingin dan disimpan dulu di kulkas, karena diminum dingin juga enak. Jika terasa terlalu pahit, boleh tambahkan gula atau madu. Tapi jika punya riwayat diabetes dan tujuannya untuk menurunkan kadar gula darah, sebaiknya tak perlu menambah pemanis. Buah mengkudu juga bisa direbus dengan tanaman obat lainnya untuk meningkatkan khasiatnya, misalnya dibuat jamu dengan kunyit, jahe, serai, lengkuas dan lain sebagainya. 

Itu dia cara membuat rebusan buah mengkudu untuk menurunkan kolesterol, gula darah dan darah tinggi serta meningkatkan imun tubuh. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. 

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading