Sukses

Food

Cara Membuat Rebusan Serai Kunyit untuk Penurun Kolesterol dan Darah Tinggi

0(0)

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Fimela.com, Jakarta Indonesia memiliki tanah yang subur sehingga ditumbuhan oleh kaya sekali tanaman obat yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh, beberapa di antaranya adalah serai dan kunyit. Dua bahan ini juga sudah sering dijadikan bahan minuman tradisional berupa jamu sejak dahulu kala karena kandungan antioksidannya yang tinggi sekaligus senyawa-senyawa alami yang membantu meningkatkan imun tubuh dan melawan berbagai penyakit.

Beberapa manfaat yang bisa didapat dari serai dan kunyit adalah membantu menurunkan kolesterol jahat, mencegah infeksi penyakit, menurunkan tekanan darah tinggi, mengatasi asam urat, mencegah penuaan dini hingga mencegah kanker. Untuk mendapatkan manfaatnya, cukup dengan direbus. Begini cara membuat rebusan serai kunyit yang ampuh untuk menurun kolesterol.

1. Pakai bahan-bahan segar

Sebelum membuta rebusan serai kunyit, pilih dulu bahan-bahan yang segar di pasar. Cuci bersih batang serai dan akar kunyit hingga tidak ada tanah yang menempel. Bisa juga menggunakan serai dan kunyit segar yang sudah dikeringkan jika ingin lebih praktis, tapi sebaiknya jangan menggantinya dengan serai dan kunyit bubuk kemasan pabrik karena rasanya cenderung berbeda dengan serai dan kunyit segar.

2. Ditumbuk

Setelah serai dan kunyit segar dicuci bersih, kupas kunyit secukupnya. Iris tipis serai dan kunyit lalu tumbuk di mengunakan lumpang alu, boleh juga diulek kasar menggunakan cobek atau dihancurkan menggunakan chopper. Rebus air lalu masukkan kedua bahan tersebut. Didihkan selama 5-10 menit atau hingga aromanya harum dan airnya berubah kuning segar. Angkat dan biarkan hingga tidak terlalu panas, saring ke dalam gelas. Minum selagi hangat. Bisa juga ditambahkan es batu jika ingin disajikan dingin.

3. Diparut

Cara lain agar bisa mendapatkan sari serai dan kunyit yang lebih banyak dan maksimal adalah dengan diparut. Setelah dicuci bersih, parut keduanya hingga lembut. Bisa juga diblender halus dengan sedikit air. Didihkan air di panci secukupnya, masukkan serai dan kunyit yang sudah diparut, masak selama 5-10 menit atau sekiranya sudah harum, angkat dan saring setelah tidak terlalu panas. Nikmati rebusan serai kunyit selagi hangat.

4. Digeprek atau iris tipis

Jika tidak mau ribet tapi tetap ingin mendapatkan manfaat rebusan serai kunyit yang sehat, boleh juga digerek atau diiris tipis saja. Rebus air hingga mendidih, masukkan kedua bahan lalu didihkan dengan api kecil selama 10 menit. Angkat lalu biarkan hingga tidak terlalu panas, saring air rebusannya dan minum selagi hangat.

5. Dicampur dengan tanaman obat lain

Jika ingin khasiatnya lebih kuat dalam menurunkan kolesterol, cara terbaik yang bisa dicoba adalah menambahkan tanaman obat lain yang juga efektif dalam menurunkan kolesterol seperti daun salam, kayu manis, cengkeh, jahe dan lain sebagainya. Jika sudah digabung dengan banyak rempah lain, jadinya kita membuat jamu. Cuci bersih semua bahan kemudian tumbuk halus atau iris tipis. Rebus semua bahan selama 10 menit atau hingga airnya kuning segar, angkat lalu saring. Nikmati jamu serai kunyit hangat.

Itu dia beberapa cara membuat rebusan serai kunyit penurun kolesterol dan darah tinggi. Coba buat sendiri di rumah yuk!

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Loading