Sukses

Food

Cara Memasak Nasi agar Awet dan Tidak Cepat Bau

Fimela.com, Jakarta Ciri khas orang Indonesia adalah harus makan lauk dengan Nasi. Tanpa keberadaan nasi, rasanya jadi tidak begitu  nikmat. Memang, sebagai orang Indonesia, beras putih atau nasi merupakan makanan pokok sehari-hari yang sulit tergantikan. 

Makanya, tak heran jika demand beras Indonesia sangat tinggi. Sebab, kita sendiri rutin memasak nasi setiap harinya dalam jumlah yang cukup banyak. Sayangnya, bila tidak disimpan dengan baik, nasi bisa cepat basi dan tidak layak dikonsumsi lagi.

Oleh karena itu, penting bagi Sahabat Fimela sebagai orang Indonesia untuk mengetahui cara memasak nasi agar awet dan tidak cepat bau. Simak tips lengkapnya di artikel ini, ya.

Cuci Beras sampai Bersih

Sebelum memasak nasi, tentu saja kamu perlu mencuci bersih berasnya, bukan? Pastikan untuk mencucinya hingga air bilasan bening, ya, Sahabat Fimela. Dengan membersihkan beras dari kotoran dan debu, bukan hanya membuatnya bersih tetapi juga menjaga keawetan dan kelezatannya.

Gunakan Air dengan Jumlah yang Tepat

Saat memasak nasi, penting untuk memperhatikan jumlah air yang tepat. Jika Sahabat Fimela menggunakan terlalu banyak air, nasi bisa menjadi lembek dan mudah basi. Sebaliknya, jika airnya kurang, nasi bisa jadi kering dan keras. Disarankan untuk menggunakan air sekitar satu ruas jari dari permukaan beras, agar nasi bisa matang dengan baik.

Aduk Nasi Setelah Matang

Jika nasi sudah matang, pastikan untuk segera mengaduknya dari bagian atas hingga bagian bawah. Tujuannya adalah agar uap panas yang terperangkap di atas nasi bisa merata ke seluruh bagian. Tanpa pengadukan, bagian bawah nasi cenderung lebih basah dan mudah basi, sementara bagian atasnya bisa mengeras.

Gunakan Wadah BPA Free

Jika nasi tidak habis dimakan, hindari menyimpannya terlalu lama dalam rice cooker. Sebab, jika tersimpan di alat penanak, nasi hanya dapat bertahan sekitar 3 jam di dalamnya. Fimela menyarankan untuk memindahkan nasi ke wadah plastik yang aman dan bebas dari BPA (BPA free) agar minim kontaminasi.

Simpan Sisa Nasi di Kulkas

Sisa nasi bisa disimpan di kulkas. Letakkan dalam wadah plastik yang kedap udara dan rapat, lalu simpan di kulkas.  Ketika ingin dimakan lagi, cukup panaskan dengan cara dikukus sebentar agar lembut kembali. Namun, ingat bahwa nasi hanya bertahan semalaman di kulkas dan setelah itu bisa mengeras.

Sahabat Fimela, itulah 5 tips sederhana terkait cara memasak nasi agar awet dan tetap enak. Pastikan untuk mengikuti tips ini agar nasi yang kamu masak tidak terbuang sia-sia. Semoga membantu kamu yang sedang belajar memasak nasi, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading