Sukses

Food

Rekomendasi Makanan Berbuka Puasa bagi Anak Kos, Masaknya Nggak Ribet!

Fimela.com, Jakarta Berbuka puasa menjadi waktu yang menyenangkan dan disambut baik bagi semua orang. Walau begitu, momen ini sering pula menjadi suatu tantangan bagi anak kos. Dengan waktu dan sumber daya terbatas, para anak kos dituntut untuk menyiapkan sendiri makanan yang praktis namun tetap memiliki rasa yang enak. Sebab, jika membeli makanan di luar, maka biaya yang dikeluarkan pun bisa lebih besar, yang mana hal tersebut sangat dihindari oleh anak kos.

Tapi, jangan khawatir, Sahabat Fimela! Kamu masih bisa menikmati momen berbuka puasa dengan sederet rekomendasi makanan di bawah ini, yang tentunya proses membuatnya juga praktis! So, Check it out!  

1. Capcay Goreng

Salah satu hidangan yang mudah dibuat bagi kamu sebagai anak kos adalah capcay goreng. Menu ini mengandung sayur-sayuran seperti wortel, kembang kol, buncis, paprika, dan daging ayam atau udang. 

Cara membuatnya juga simpel, kamu hanya perlu mempersiapkan semua bahan-bahan yang dapat dibeli dengan mudah, lalu cuci, dan potong sesuai selera. Kemudian tumis bahan-bahan tersebut di atas wajan, masukkan daging ayam atau udang, jangan lupa untuk tambahkan sayuran, saus tiram, kecap manis, dan aduk hingga matang. Setelah itu, sajikan dengan nasi yang hangat dan selamat menikmati berbuka puasa!

2. Sosis Teriyaki

Membuat sosis teriyaki untuk buka puasa anak kos nggak hanya murah, tapi juga bermanfaat karena kaya akan protein dan rasanya yang gurih dan manis akan memberikan kepuasan tersendiri setelah menahan lapar selama seharian.

Nah, untuk cara membuatnya sangat simpel! Pertama, tumis bawang bombay dan bawang putih dalam sedikit minyak goreng hingga aroma harumnya tercium. Kemudian, tambahkan potongan sosis dan saus teriyaki ke dalam wajan. Aduk rata dan biarkan sosis meresap rasa teriyaki dengan tambahan kecap manis dan merica bubuk sesuai selera. Setelah kuahnya sedikit mengental dan sosis matang, angkat dan sajikan dengan nasi. 

3. Nasi Goreng Keju

Menu nasi goreng keju ini sangat cocok untuk anak kos karena nggak hanya mudah dibuat, tapi rasanya juga enak dan bisa bikin kenyang dengan bahan-bahan yang sederhana serta murah. Dengan menggunakan nasi sisa dan bahan-bahan yang tersedia di dapur, kamu sebagai anak kos bisa menghemat waktu dan biaya, lho.

Selain itu, rasa gurih dan lezat dari keju yang ditambahkan ke nasi goreng bisa bikin lidah bergoyang! Jadi, nasi goreng keju ini bisa menjadi pilihan sahur atau berbuka puasa yang praktis dan lezat bagi anak kos.

Nah, dengan sederet resep makanan praktis untuk berbuka puasa di atas, kini nggak ada lagi alasan bagi anak kos untuk merasa terbatas dalam menikmati hidangan lezat saat waktu berbuka tiba. 

4. Sambal Goreng Kentang

Karena menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat dan murah, sambal goreng kentang adalah hidangan yang praktis dan lezat untuk anak kos. Kentang sebagai bahan utamanya mengandung karbohidrat yang dapat memberikan energi untuk aktivitas sehari-hari. Selain itu, kentang juga mengandung serat yang baik untuk pencernaan.

Untuk membuatnya, Potong kentang menjadi dadu kecil dan tumis dengan bawang merah, bawang putih, dan irisan cabe merah besar untuk memberikan rasa pedas yang kuat. Untuk meningkatkan rasa, tambahkan terasi yang telah dibakar sebentar. Untuk memastikan kentang matang dengan benar dan bumbu meresap sepenuhnya, tambahkan sedikit air. Jangan lupa untuk menyesuaikan rasa dengan garam dan gula. Hidangan siap disajikan setelah kentang empuk dan bumbu meresap. 

5. Telur Balado

Telur memberikan energi dan dapat bermanfaat memperbaiki jaringan tubuh serta merupakan sumber protein yang murah. di sisi lain, vitamin C dan likopen yang terkandung dalam saus tomat bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh dan kulit. Dengan tambahan bawang putih dan bawang merah, hidangan ini juga memberikan antioksidan dan bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Untuk membuatnya juga mudah. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. Setelah itu, tambahkan sedikit air dan saus tomat, aduk hingga rata. Kemudian, masukkan telur ke dalam saus tomat, dan aduk telur hingga matang di atas api sedang. Sesuaikan jumlah garam dan merica. Panggang telur saus tomat dengan nasi hangat atau roti. Hidangkan telur saus tomat bersama nasi hangat atau roti sebagai pelengkap. 

Nah, itu tadi beberapa makanan enak dan mudah dimasak oleh anak kos yang mau berbuka puasa. Selamat mencoba dan semoga berbuka puasanya menyenangkan dan penuh berkah!

Penulis: Arninda Oktaviani

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading