Sukses

Food

6 Makanan Enak yang Menjaga Nafas Tetap Segar Selama Puasa Ramadan

Fimela.com, Jakarta Puasa Ramadan adalah waktu yang penuh berkah dan spiritualitas bagi umat Islam di seluruh dunia. Selama bulan suci ini, umat Islam berpuasa dari fajar hingga matahari terbenam. Umat muslim diwajibkan untuk menahan diri dari aktivitas makan dan minum, juga hal lain yang bisa membatalkan puasa. Ini sebagai bentuk ibadah dan pengendalian diri. 

Tapi perlu diketahui, puasa juga bisa membawa tantangan tersendiri. Terutama dalam menjaga nafas tetap segar sepanjang hari. Puasa rentan bikin nafas bau. Apalagi jika tidak diimbangi dengan konsumsi makanan sehat yang memang bisa bantu menyegarkan nafas. Kali ini, Fimela memiliki beberapa daftar makanan enak yang bisa menjaga nafas tetap segar selama kamu menjalankan ibadah puasa Ramadan. Adapun makanan enak tersebut antaranya sebagai berikut.

Buah-buahan Segar

Buah-buahan segar seperti apel, melon, semangka, dan jeruk memiliki kandungan air tinggi dan serat alami yang membantu membersihkan mulut dan menghilangkan bau tidak sedap. Selain itu, buah-buahan ini mengandung vitamin dan antioksidan yang baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Konsumsi buah segar selama berbuka dan sahur, akan cukup membantumu memiliki nafas yang segar sepanjang hari selama menjalankan puasa. 

Sayuran Segar

Sayuran segar seperti wortel, seledri, mentimun, dan paprika juga membantu menjaga nafas tetap segar. Makan sayuran mentah sebagai camilan saat berbuka akan membantu membersihkan mulut dan merangsang produksi air liur yang membantu membersihkan bakteri. Sayuran yang dimasak dengan cara dikukus sebagai menu sahur, tak hanya bikin nafas segar tetapi juga bau badan segar dan tubuh bugar. 

Biji-bijian

Biji-bijian seperti biji bunga matahari, biji labu, dan kacang almond mengandung banyak serat. Ini juga mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan mulut dan menjaga nafas tetap segar. Makanan ini juga bisa membantu menghilangkan bau mulut yang tidak sedap. Ngemil aneka biji-bijian ini setelah berbuka atau tarawih bisa terbilang sangat bermanfaat. Ini juga rendah kolesterol sehingga aman buat camilan sehari-hari.

Yogurt

Yogurt mengandung bakteri baik yang membantu menjaga keseimbangan bakteri dalam mulut dan sistem pencernaan. Konsumsi yogurt rendah lemak atau yogurt sebagai bagian dari sahur atau berbuka, akan cukup membantu menjaga nafas tetap segar sepanjang hari selama berpuasa. 

Teh Hijau

Teh hijau mengandung senyawa antioksidan yang disebut katekin yang membantu membersihkan mulut. Ini juga bisa bantu mengurangi bau tidak sedap. Minum teh hijau hangat tanpa gula saat berbuka atau sahur, dipercaya bisa membantu menjaga nafas tetap segar. Ini juga bantu menstabilkan gula darah dan kolesterol dalam tubuh selama Ramadan.

Kurma

Kurma adalah salah satu makanan sunnah yang sering dikonsumsi saat berbuka puasa. Kurma mengandung serat alami, gula alami, dan nutrisi penting lainnya yang membantu memberi energi dan menjaga nafas tetap segar. Konsumsi dua sampai tiga biji kurma saat berbuka dan sahur cukup dianjurkan. 

Sahabat Fimela, memilih makanan yang tepat selama puasa Ramadan tidak hanya penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Tetapi juga membantu menjaga kesehatan mulut dan nafas, pun sistem pencernaan. Dengan memilih makanan-makanan sehat dan berkualitas selama waktu berbuka dan sahur, umat muslim di manapun ia berada bisa menjaga nafas dan bau badan tetap segar. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa dengan lebih nyaman serta bugar.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading