Sukses

Food

Ide Menu Sahur Mudah dan Mengenyangkan untuk Anak

Fimela.com, Jakarta Selama bulan Ramadan, umat Islam yang sudah baligh diwajibkan untuk berpuasa. Namun, banyak anak yang sudah mulai diajak untuk berpuasa agar membiasakan diri sejak dini. Terdapat anak yang mulanya hanya mengikuti sahur, ada anak yang mengikuti puasa hingga tengah hari, ada yang mengikuti hingga tiga perempat hari, dan juga ada anak yang sudah kuat untuk mengikuti puasa penuh satu hari.

Sahur adalah bekal untuk melewati hari tanpa makan dan minum hingga maghrib. Oleh karena itu, makanan dan minuman yang dikonsumsi selama sahur haruslah sesuatu yang bergizi dan memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Dilansir dari healthxchange.sg, berikut adalah tipe-tipe makanan yang pas untuk dikonsumsi saat sahur agar dapat menjalani puasa dengan nyaman, terutama anak-anak yang baru di tahap belajar untuk berpuasa.

Tipe-tipe makanan untuk sahur

Sayur dan buah

Sayur dan buah merupakan makanan yang tinggi serat. Mereka penting untuk dikonsumsi karena dapat membuat kenyang dan menghindari adanya kontipasi. Selain itu, sayur dan buah juga kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

Nasi dan karbohidrat lain

Nasi merupakan makanan yang tinggi serat dan karbohidrat. Nasi merah dapat digunakan agar lebih berserat atau Sahabat Fimela juga dapat mengonsumsi roti gandum yang dapat memberikan energi lebih dan dapat menekan rasa lapar lebih lama.

Daging sapi dan sejenisnya

Daging sapi, daging ayam, ikan, dan produk-produk susu rendah lemak adalah sumber protein terbaik dengan lemak yang tidak terlalu tinggi. Protein dapat meningkatkan daya tahan tubuh yang dibutuhkan ekstra saat Sahabat Fimela berpuasa. Selain itu, jika Sahabat Fimela mengonsumsi produk susu, tulang juga akan menjadi lebih kuat berkat kalsium yang terdapat di dalamnya.

Ide menu sahur mudah dan bergizi untuk anak

Menu sahur untuk anak dapat Sahabat Fimela mix-and-match sesuai kebutuhan, selama nutrisi utamanya terpenuhi. Hindari konsumsi makanan cepat saji atau instant, makanan tinggi garam, makanan tinggi gula, dan makanan yang terlalu pedas. Sahabat Fimela bebas berkreasi memadupadankan makanan dan minuman sehat yang akan dikonsumsi buah hati. Berikut adalah beberapa ide menu sahur menarik untuk anak!

  1. French toast
  2. Cereal dan susu
  3. Yoghurt dengan buah-buahan segar (stroberi, pisang)
  4. Smoothie buah
  5. Sandwich daging ayam
  6. Nasi goreng omelet
  7. Sup tahu dan rumput laut
  8. Sup jagung dan roti panggang
  9. Susu putih dan roti selai
  10. Pasta dengan tambahan protein (daging cincang, daging asap)

 

Penulis: FIMELA Karina Alya

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading