Sukses

Food

Cara Masak Mie Goreng Biar Lebih Enak dan Menggiurkan Seperti di Restoran Berbintang, Cobain Yuk!

Fimela.com, Jakarta Perut sudah kruyuk-kruyuk, enaknya makan apa hari ini ya? Daripada bengong karena kehabisan ide masakan, coba deh bikin mie goreng sendiri ala restoran berbintang. Masak mie goreng tentunya bisa menjadi solusi tepat untuk mengatasi rasa lapar yang melandamu. Selain proses bikinnya mudah dan cepat, mie goreng juga menawarkan cita rasa yang enak sehingga nggak bakal mengecewakanmu. 

Nah, kalau biasanya makan mie goreng yang begitu-begitu saja, coba deh untuk bikin kreasi berbeda agar rasa masakanmu jadi lebih enak dan menggugah selera. Akan tetapi, bagaimana caranya ya agar bisa masak mie goreng enak dan anti gagal. 

Do not worry, ternyata ada beberapa rahasia yang bisa kamu terapkan agar mie goreng yang tadinya biasa-biasa saja bisa berubah jadi luar biasa. Bahkan, informasi berikut ini pun juga akan memberimu resep masak mie goreng lezat tanpa banyak effort dan tanpa mengorbankan waktu yang dipunya. Cek dulu informasi berikut, yuk!

1. Pilah-pilih Jenis Mie yang Mau Dimasak

Kunci dari masak mie goreng yang enak ternyata terletak pada jenis mie yang kamu gunakan. Ketahuilah, bahwa ada banyak jenis mie yang berbeda dan memiliki keunikannya masing-masing. Misalnya saja mie gepeng, yang memiliki bentuk lebih pipih atau gepeng dan tekstur kenyal setelah dimasak. 

Kemudian, ada mie bihun yang memiliki bentuk tipis panjang dan berwarna putih agak transparan. Nggak kalah populernya, ada mie telur atau mie kuning yang sering banget dilihat di pedagang kaki lima yang berjualan mie Jawa, mie Aceh, hingga mie tek-tek. Selanjutnya, ada mie organik, yang umumnya terbuat dari bahan-bahan organik seperti wortel, brokoli, sawi, dan lain sebagainya. 

Berbagai jenis mie tersebut bisa kamu pilih untuk melengkapi resep masak mie goreng enak dan nikmat. Tinggal sesuaikan saja dengan selera yang dimiliki. Sebab, sederet jenis mie tersebut bisa dan cocok dikreasikan sebagai hidangan mie goreng pedas dan gurih.

2. Jangan Terlalu Lama Memasak Mie

Kesalahan yang sering dilakukan banyak orang ketika membuat mie goreng adalah durasi memasaknya yang terlalu lama. Padahal, agar menghindari tekstur mie yang terlalu lembek, durasi memasak sendiri harus selalu diperhatikan, lho. Cara masak mie goreng yang satu ini merupakan langkah tepat untuk menghasilkan menu mie yang enak, tanpa perlu mengorbankan tekstur. 

Lantas, masak mie goreng berapa menit sih sebenarnya? Masak mie goreng enak dan lezat sendiri normalnya membutuhkan waktu 2-4 menit saja. Akan tetapi, ini tetap berpatokan pada berapa banyak porsi mie goreng yang akan kamu masak. Semakin banyak porsinya, maka semakin lama pula waktu yang diperlukan hingga mie goreng matang dengan sempurna. 

Jadi, kalau kamu mau buat mie goreng ala restoran, pastikan waktu memasaknya sudah pas dan nggak berlebihan.

3. Masak Mie Goreng dengan Tambahan Protein

Cara masak mie goreng berikutnya biar bisa lebih enak dan aromatik seperti di restoran-restoran berbintang adalah menggunakan bahan tambahan yang kaya akan protein. Percayalah, selain bisa memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, bahan tambahan ini pun juga mampu bikin mie goreng ala restoran kamu jadi semakin umami dan mampu memanjakan lidahmu.

Resep masak mie goreng dengan tambahan berupa protein ini bisa kamu terapkan dengan menggunakan telur ayam, dada ayam, berbagai jenis seafood, dan juga daging sapi tanpa lemak. Akan tetapi, kalau kamu mempertimbangkan biaya yang dimiliki, maka mie goreng telur atau mie goreng daging ayam bisa menjadi alternatifnya. Meskipun bahan-bahan protein tersebut lebih murah, namun soal rasa tentunya nggak perlu diragukan. 

4. Gunakan Sayur-Sayuran Segar untuk Bikin Mie Goreng Lebih Nikmat

Jangan lupa pula untuk menambahkan sayur-sayuran segar ke dalam mie goreng ala restoran yang kamu buat. Selain menambah bahan-bahan yang kaya akan protein, cara masak mie goreng dengan penggunaan sayur-sayuran sendiri juga nggak kalah menawarkan cita rasa yang enak dan pastinya bikin ketagihan.

Bukan hanya itu saja, menambahkan sayur-sayuran nyatanya juga bisa menambah nilai gizi dalam hidangan mie gorengmu, lho. Sebab, di dalam sayur-sayuran terdapat berbagai kandungan vitamin dan mineral yang tinggi sehingga bisa bantu bikin tubuh lebih sehat dan fit. Masak mie goreng enak dengan menambah sayur-sayuran hijau pun dapat menciptakan tekstur hidanganmu jadi lebih bervariasi dan nggak membosankan. Jadi, jangan pernah lewatkan langkah pintar yang satu ini, ya!

5. Pastikan Takaran Bumbu dan Saus Sudah Pas

Ada banyak orang yang biasanya lebih menyukai cita rasa kuat pada makanan mereka. Para individu tersebut sering banget memasukkan bumbu-bumbu tambahan agar menu yang mereka santap jadi lebih berasa dan enak disantap. Tapi, tahu nggak sih kamu kalau hal ini ternyata bukan sesuatu yang baik dan boleh diterapkan dalam proses memasak. 

Ada kalanya, membuat suatu hidangan akan lebih baik jika mengikuti takaran-takaran tepat yang sudah diresepkan. Selain karena telah melalui uji coba beberapa kali, takaran-takaran yang sudah diresepkan tersebut juga menjadi kunci jitu untuk membuat makanan jadi lebih mudah diproses, termasuk pula pada saat masak mie goreng. Bukan hanya itu saja, sebab masak mie goreng enak dengan bumbu yang pas juga akan menjaga cita rasa asli dari makanan itu sendiri. 

6. Jangan Lupa Koreksi Rasa

Meskipun sudah mengikuti takaran-takaran bumbu yang tepat, tapi ada baiknya jika kamu melakukan koreksi rasa lagi untuk memastikan apakah mie goreng ala restoran yang dibuat sudah mantap atau belum. Untuk cara masak mie goreng ini, kamu bisa lakukan dengan mencicipi sedikit dari hasil masakan yang dibuat. Setelah itu, cermati lagi, apakah rasa gurih, manis, atau pedas yang ada di dalam mie goreng tersebut sudah sesuai dengan apa yang kamu mau.

Kegiatan koreksi rasa ini memang penting banget. Sebab, mengikuti takaran-takaran yang sudah diresepkan nyatanya belum tentu membuat hasil masakan sempurna. Apalagi kalau yang kamu masak ini varian mie goreng pedas, yang umumnya lebih menonjolkan rasa pedas, sehingga rasa lainnya jadi lebih berkurang. 

7. Taburkan Bawang Goreng ke Atas Sajian

Bukan orang Indonesia namanya jika nggak menambahkan taburan bawang goreng ke atas sajian yang dibikin, termasuk pula pada saat masak mie goreng. Tahukah kamu kalau bawang goreng sendiri bisa diandalkan untuk bikin hidangan mie goreng pedas dan varian rasa lainnya jadi tambah mantul serta enaknya bertambah berkali-kali lipat. 

Bukan cuma itu saja, kehadiran taburan bawang goreng ini juga mampu bikin hidangan mie goreng kamu jadi semakin gurih, wangi, dan membangkitkan selera makan yang dimiliki. Mau bawang merah goreng atau bawang putih goreng, kamu bisa pilih manapun yang memang sesuai dengan selera kamu. Jadi, berniat mencoba tips ampuh ini?

Kumpulan Resep Mie Goreng ala Restoran yang Mudah Dibuat

Setelah mengetahui cara masak mie goreng ala restoran berbintang yang anti gagal, kini waktunya Sahabat Fimela untuk mempraktikkannya. Berikut ini beberapa resep masak mie goreng yang simpel, tapi punya cita rasa yang enak dan pastinya nggak mengecewakan. Ada apa saja, ya?

1. Mie Goreng Sayur Super Simpel

Resep masak mie goreng yang pertama adalah mie goreng sayur super simpel. Selain karena bahan-bahannya yang nggak banyak dan mudah dicari, resep yang satu ini pun juga mudah ditiru serta cuma butuh kurang dari 10 menit saja untuk membuatnya. Coba tiru, yuk!

Bahan-bahan:

2 bungkus mie goreng instan 

Segenggam buncis

1 ikat sawi keriting

1 buah jagung manis pipil ukuran sedang

Potongan telur putih kukus 

Kecap, saus dan cabai rawit secukupnya

½ siung bawang bombay

Cara membuat:

- Rebus buncis, sawi keriting, dan jagung sekitar 3 menit sampai teksturnya berubah jadi lebih lembut atau bisa pula disesuaikan dengan selera. Setelah itu, angkat dan tiriskan aneka ragam sayuran tersebut.

- Rebus mie instan ke dalam air mendidih selama 2 menit. Jika sudah matang, tiriskan dan pindahkan ke tempat bersih.

- Panaskan sedikit minyak, lalu tumis bawang bombay hingga layu dan harum.

- Campurkan semua bahan-bahan tersebut dalam wajan, lalu masukkan seluruh bumbu mie goreng instan. 

- Jangan lupa tambahkan saus, kecap, dan potongan cabe rawit secukupnya.

- Koreksi rasa. Jika rasanya sudah pas, mie goreng sayur super simpel siap disajikan.

2. Mie Goreng Telur Orak Arik

Resep mie goreng simpel juga bisa diwujudkan dengan hidangan mie goreng telur orak arik. Kombinasi antara mie goreng instan dan telur yang diorak arik pastinya akan memberikan kenikmatan tersendiri buat kamu yang menikmatinya. Selain itu, mie goreng telur orak arik pun juga gampang dibuat, jadi kamu nggak perlu repot-repot berlama-lama di dapur. Mari intip resepnya dulu, yuk!

Bahan-bahan:

2 bungkus mie goreng instant

2 butir telur

1 buah sosis, potong kecil menjadi 10 bagian

½ helai daun bawang, potong kecil-kecil

3 siung bawang merah

2 siung bawang putih

Kecap manis secukupnya

Penyedap rasa secukupnya

Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:

- Panaskan wajan dengan sedikit minyak goreng. Masukkan telur dan orak arik sampai agak kering dan hancur. Tambahkan penyedap rasa dan kecap secukupnya. Koreksi rasa dan masak sampai telur kering. Sisihkan.

- Rebus mie sampai matang. Campurkan dg bumbu mie instan. Aduk-aduk sampai tercampur rata.

- Iris tipis bawang merah dan putih. Setelah itu, goreng dengan sedikit minyak hingga warnanya cokelat keemasan. 

- Tata mie diatas piring, lau taruh orak arik telur di atasnya. Jangan lupa taburkan juga irisan daun bawang dan bawang gorengnya yang sudah dibuat tadi. Terakhir, tambahkan potongan sosis dan mie goreng telur orak arik pun siap untuk dinikmati.

Nah, itu dia beberapa tips dan sekaligus resep masak mie goreng ala restoran berbintang yang bisa kamu terapkan. Tentunya, dengan mengikuti tips dan trik di atas, kamu pun jadi bisa membuat mie goreng di rumah yang nggak kalah lezatnya dengan yang ada di restoran-restoran terkenal. Selain itu, cobalah variasikan bahan dan bumbu sesuai selera kamu sendiri, dan jadikan mie goreng sebagai hidangan favorit yang bisa dinikmati kapan saja. Selamat mencoba!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading