Sukses

Food

10 Makanan Enak yang Bisa Membantu Awet Muda dari Dalam

Fimela.com, Jakarta Semua orang ingin memperlambat proses penuaan dalam dirinya. Siapapun juga ingin menjaga penampilan awet muda dan memakaunya di mana pun serta kapan pun itu. Termasuk saat usia terus menua. Meskipun perawatan kulit dan gaya hidup sehat berperan penting, makanan yang kita konsumsi nyatanya juga bisa berdampak besar pada kecantikan dan kesehatan kulit. Makanan yang kita konsumsi bisa membuat kita tampak awet muda atau sebaliknya. 

Berikut ini adalah beberapa makanan yang dipercaya bisa membantu kita tetap awet muda dan bercahaya dari dalam. Aneka makanan ini tak hanya sehat tetapi juga lezat. 

Buah Beri

Berbagai jenis buah beri seperti blueberry, strawberry, dan raspberry kaya akan antioksidan. Zat ini bisa melawan kerusakan akibat radikal bebas pada kulit. Antioksidan membantu memperbaiki sel-sel kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus dan kerutan. Konsumsi buah beri secara rutin dengan porsi tepat, tak hanya bikin awet muda tetapi juga lebih sehat. 

Alpukat

Alpukat adalah makanan enak selanjutnya yang bikin awet muda. Alpukat mengandung lemak sehat dan vitamin E. Ini membantu menjaga kelembapan kulit dan melindunginya dari kerusakan akibat sinar UV. Konsumsi alpukat secara teratur, bisa memberikan kilau alami pada kulit. 

Ikan Berlemak

Ikan seperti salmon, sarden, dan tuna mengandung omega-3 asam lemak. Kandungan ini memiliki sifat antiinflamasi dan membantu menjaga elastisitas kulit. Omega-3 juga bermanfaat mengurangi risiko peradangan kulit. Ini bahkan dipercaya mencegah kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari penyebab penuaan. 

Sayuran Hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam, kale, dan brokoli kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral yang diperlukan untuk kesehatan kulit. Aneka sayur ini juga mengandung lutein dan zeaxanthin, yang bermanfaat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan meningkatkan kelembapan kulit. Ini bikin awet muda dan tampak segar bercahaya dari dalam. 

Tomat

Tomat mengandung likopen, antioksidan yang bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Ini juga membantu mengurangi risiko kanker kulit. Likopen bahkan bermanfaat meningkatkan produksi kolagen, yang penting untuk menjaga kekencangan dan elastisitas kulit agar tampak awet muda. 

Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang-kacangan seperti almond, kenari, dan biji bunga matahari kaya akan vitamin E dan selenium. Nutrisi ini bisa membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, dan meningkatkan kesehatan kulit. Ini adalah makanan yang rendah kolesterol sehingga menyehatkan tubuh secara keseluruhan. 

Teh Hijau

Teh hijau mengandung polifenol dan antioksidan tinggi. Kandungan ini membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Ini juga meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi peradangan yang bikin awet muda. 

Yogurt

Yogurt mengandung probiotik yang bisa meningkatkan kesehatan usus dan mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini juga bisa berkontribusi membuat kulit tampak lebih sehat dan bercahaya.

Dark Chocolate

Dark chocolate mengandung flavonol, antioksidan yang bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Zat tersebut juga bisa meningkatkan aliran darah ke kulit dan meningkatkan kelembapan kulit yang membuatnya tampak awet muda serta bercahaya. 

Air Putih

Terakhir, tetapi tidak kalah pentingnya, adalah air putih. Mengonsumsi cukup air setiap hari membantu menjaga kelembapan kulit tubuh secara menyeluruh. Ini juga bantu mengurangi kerutan. Konsumsi air putih cukup bahkan bisa membantu tubuh mengeluarkan racun secara alami lewat keringat pun urin. 

Memasukkan makanan-makanan ini ke dalam pola makan sehari-hari kita, tentunya akan cukup membantu menjaga kulit tetap sehat, bercahaya, dan terlihat muda dari usia aslinya. Namun, penting untuk diingat bahwa tidak ada satu makanan atau minuman saja yang bisa menjamin kecantikan dan kesehatan kulit. Penting juga untuk menjaga pola makan yang seimbang, memiliki gaya hidup yang sehat secara keseluruhan dan melakukan perawatan terbaik terhadap kulit. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading