Sukses

Food

Tips Memasak Daging Porsi Besar agar Cepat Empuk dan Hemat Gas

Fimela.com, Jakarta Memasak daging yang empuk dan lezat seringkali memerlukan waktu dan perhatian yang cukup. Apalagi, jika daging yang dimasak memiliki porsi yang cukup besar atau banyak. Sama seperti bahan makanan lainnya, semakin banyak porsi bahan makanan yang dimasak, akan memerlukan perhatian yang lebih ekstra. Begitu pun dengan daging. 

Namun jangan khawatir Sahabat Fimela, dengan beberapa tips dan trik yang tepat, kamu sebenarnya bisa menciptakan hidangan daging yang empuk  dalam waktu singkat sambil tetap menghemat gas. Memasak daging dalam porsi besar tetap bisa dilakukan dengan cepat dan menghasilkan daging yang empuk. Bagaimana kiranya tipsnya? Yuk, simak yang berikut ini.

Pilih Potongan Daging yang Tepat

Pemilihan potongan daging yang tepat, bisa membuat perbedaan besar dalam memasak daging secara cepat dan empuk. Potongan daging yang cocok untuk dimasak dalam waktu singkat adalah tenderloin, sirloin, atau daging cincang. Potongan daging yang lebih tebal atau lebih berlemak mungkin memerlukan waktu masak yang lebih lama. 

Marinasi Daging

Marinasi adalah proses merendam daging dalam campuran bumbu atau cairan untuk meningkatkan rasa dan kelembutannya. Marinasi tidak hanya menambahkan rasa, tetapi juga membantu melonggarkan serat daging. Pilih bahan-bahan seperti cuka, jus jeruk, atau yogurt untuk dibalurkan ke daging sebelum dimasak. 

Marinasi bisa dilakukan selama beberapa jam sebelum daging dimasak. Atau, kamu cukup merendam daging selama 15-30 menit untuk dapatkan perbedaan keempukan daging yang lebih mengesankan nantinya. 

Teknik Pukulan atau Tenderizing

Menggunakan teknik pukulan atau tenderizing bisa menjadi cara efektif untuk melonggarkan serat daging. Kamu bisa menggunakan palu daging atau alat tenderizer khusus untuk menepuk daging sebelum dimasak. Proses ini akan merusak serat daging, membuatnya lebih mudah untuk dimasak dan menghasilkan daging yang lebih empuk. Waktu memasak daging yang telah dipukul atau digepuk pun akan semakin singkat sehingga hemat gas. 

Gunakan Teknik Penggorengan Cepat

Teknik penggorengan cepat adalah cara yang efisien untuk memasak daging dalam waktu singkat. Panaskan wajan atau penggorengan dengan sedikit minyak pada suhu tinggi. Setelah panas, masukkan potongan daging dan masak dengan cepat hanya beberapa menit di setiap sisi sampai matang sesuai selera. Teknik ini bisa membantu mendapatkan daging yang lebih empuk. Untuk daging goreng sendiri, sebaiknya sebelum digoreng daging dimarinasi dengan bumbu yang diinginkan.

Gunakan Panci Presto

Panci presto adalah alat yang sangat berguna untuk memasak daging dengan cepat. Ini juga mengurangi waktu memasak dan lebih hemat gas. Dalam panci presto, daging bisa dimasak dengan suhu dan tekanan tinggi. Hal ini memungkinkan untuk melonggarkan serat daging dalam waktu yang lebih singkat dibandingkan dengan metode memasak konvensional atau biasa. 

Istirahatkan Sebelum Memotong

Setelah daging dimasak, biarkan daging istirahat selama beberapa menit sebelum dipotong. Proses ini bikin daging lebih empuk dan mudah dipotong. Ini juga membantumu memotong daging dalam suhu yang tidak terlalu panas sehingga bikin nyaman. 

Dengan menerapkan beberapa tips di atas, memasak daging yang empuk dan lezat dalam waktu singkat serta hemat gas tentu bukan masalah yang serius lagi. Baik dalam porsi kecil atau besar, memasak daging tetap bisa dilakukan dengan mudah. Selamat mencoba dan semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading