Sukses

Food

5 Tips agar Anak Kos Rajin Memasak

Fimela.com, Jakarta Saat menjadi anak kos. Banyak tuntutan yang secara tidak disadari ada. Seperti mengatur keuangan sendiri, mengatur waktu, bahkan mengatur apa yang akan dimakan hari ini dan esok. Memasak adalah salah satu cara agar anak kosĀ  bisa hemat pengeluaran dan urusan perut beres.

Tapi terkadang memasak adalah hal yang sangat malas bagi anak kos. Sehingga banyak yang memilih membeli makanan di luar. Kemudian menyesal di akhir bulan karena merasa terlalu boros dan uang bulanan menipis. Berikut adalah 5 tipsĀ  untuk anak kos agar rajin memasak sehingga tidak menyesal di kemudian hari:

1. Sediakan Bahan Mentah

Agar lebih rajin memasak, Sahabat Fimela perlu sedia bahan mentahnya. Karena alasan terbesar malas memasak adalah tidak memiliki bahan. Oleh sebab itu, penting untuk membeli bahan mentah yang bisa disimpan di kulkas agar lebih semangat memasak. Jika tidak memiliki kulkas di kos, bisa membeli bahan makanan yang tahan lama di suhu ruangan, seperti sarden kaleng, sosis kemasan, atau kentang.

2. Susun Menu Makanan Mingguan

Sebelum belanja, buatlah menu makanan yang akan dimakan selama seminggu. Ini akan membuatmu lebih mudah saat belanja karena sudah tahu akan masak apa dalam seminggu ke depan. Ini juga membuatmu lebih mudah dalam mengemas dan menyimpan bahan makanan. Karena tahu kapan akan memasaknya, jadi bisa menyesuaikan bagaimana cara menyimpannya.

3. Memiliki Alat Masak

Saat di kos, alat masak terkadang menjadi hambatan untuk rajin memasak. Oleh karena itu, sediakan alat masak terlebih dahulu agar lebih rajin memasak. Jika tidak mempunyai kompor, Sahabat Fimela bisa menggunakan panci listrik atau rice cooker untuk memasak. Sesuaikan saja dengan kebutuhanmu.

4. Beli Bumbu Jadi atau Instan

Anak kos terkadang merasa kebingungan resep masakan yang hendak dimasak. Agar lebih simple, Sahabat Fimela bisa membeli bumbu jadi atau instan agar lebih mudah saat memasak. Membeli bumbu jadi bisa menghemat tenaga dan menghemat biaya karena tidak perlu membeli banyak bumbu.

5. Rutin Memasak Nasi Sendiri

Saat memiliki nasi, anak kos akan cendering lebih semangat untuk memasak. Karena jika tidak memiliki nasi anak kos akan cenderungĀ  membeli makanan di luar dan membuat pengeluaran membengkak. Jadi rutin memasak nasi akan memotivasi anak kos untuk memasak dan menghemat pengeluaran.

Nah, itu tadi 5 tips agar anak kos rajin memasak. Tidak ada alasan lagi malas memasak dan pengeluaran membengkak karena terlalu sering membeli makanan jadi. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Sahabat Fimela ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading