Sukses

Food

Klepon yang Memikat: Menjaga Keaslian Rasa Lewat Resep Warisan

0(0)

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Fimela.com, Jakarta Klepon adalah makanan tradisional Indonesia yang terkenal dengan rasa manis gula aren yang meleleh di dalamnya. Makanan ini terbuat dari tepung ketan yang dibentuk bulat kecil dan diisi dengan gula aren cair. Klepon kemudian direbus dalam air mendidih hingga matang dan ditaburi dengan kelapa parut sebagai pelengkap. Rasanya yang unik dan tekstur kenyal dari ketan membuat klepon menjadi camilan yang disukai oleh banyak orang.

Ketika digigit, gula aren yang ada di dalam klepon akan meleleh dan memberikan sensasi manis yang lezat. Kombinasi antara rasa manis gula aren dan aroma pandan yang khas menjadikan klepon sebagai makanan yang sangat menggugah selera.

Selain itu, klepon juga sering dijadikan oleh-oleh khas daerah tertentu. Kehadirannya yang khas dan unik membuat klepon menjadi salah satu makanan tradisional yang patut dicoba dan dijaga kelestariannya. Ini dia resep yang dapat kamu coba:

Resep Klepon

Bahan-bahan:

  • Tepung ketan seberat 250 gram.
  • Tepung tapioka seberat 50 gram.
  • Air perasan daun pandan sebanyak 200 ml (diperoleh dengan memblender 10 lembar daun pandan bersama 200 ml air kemudian disaring).
  • Garam sekitar 1/4 sendok teh.
  • Pewarna hijau untuk makanan sesuai kebutuhan (bisa tidak digunakan).
  • Gula merah yang sudah diserut sebanyak 150 gram.
  • Kelapa yang sudah diparut dan dikukus dengan sedikit garam sebanyak 1/2 butir.

Cara Membuat

  1. Kukus kelapa parut yang telah dicampur dengan sedikit garam selama kurang lebih 10 menit, lalu sisihkan.
  2. Dalam sebuah mangkuk, gabungkan tepung ketan, tepung tapioka, dan garam.
  3. Secara bertahap masukkan air daun pandan sambil diaduk hingga adonan menjadi padat dan dapat dibentuk. Bila ingin menambahkan pewarna makanan hijau, tuangkan perlahan hingga warna yang diharapkan tercapai.
  4. Ambil sedikit adonan, bentuk bulat kecil, pipihkan.
  5. Beri isi dengan gula merah yang sudah diserut, kemudian tutup adonan hingga gula merah terbungkus dengan baik. Lakukan proses ini sampai adonan habis.
  6. Didihkan air dalam sebuah panci.
  7. Masukkan klepon ke dalam air yang sudah mendidih dan tunggu sampai klepon mengapung yang menandakan sudah matang. Angkat dan biarkan hingga airnya menetes.
  8. Gulingkan klepon yang telah matang dan masih hangat ke dalam kelapa parut yang telah dikukus sehingga terlapisi dengan rata.
  9. Sajikan klepon di atas piring. Nikmati sensasi klepon yang kenyal dengan isian gula merah lembut yang mencair di mulut.

Selamat mencoba membuat klepon yang lezat dan kenyal, semoga sukses!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Loading