Sukses

Food

3 Ide Camilan Enak dan Praktis untuk Temani Momen Weekend, Coba Recook Yuk

Fimela.com, Jakarta Akhir pekan sudah tiba. Buat yang lagi di rumah saja, enaknya ngapain ya kalau di momen seperti ini? Jangan bingung dulu dong, kamu bisa banget masak camilan-camilan enak yang pastinya gampang dan nggak menguras kantong. Selain lebih sehat, bikin camilan sendiri juga lebih memuaskan karena besaran porsinya bisa diatur sesuai dengan selera. Mau bikin banyak bisa, dikit pun juga nggak masalah.

Nah, berbagai camilan ini juga cocok disajikan di atas meja dan disantap bareng keluarga. Sambil menyantap camilan yang begitu enak rasanya, kamu dan keluarga juga bisa melakukan kegiatan lainnya. Misalnya saja seperti nonton film ramai-ramai. Buat yang penasaran, yuk langsung recook saja beberapa resep camilan weekend yang enak dan praktis ini. 

1. Pizza ala Rumahan

Siapa sih yang nggak tergoda dengan pizza? Makanan khas Italia ini memang begitu digandrungi oleh banyak orang. Lembut dan krispinya kulit pizza, serta ditambah taburan aneka topping yang ramai bikin siapapun pasti tergiur untuk segera menyantapnya. 

Apabila kamu tertarik dengan makanan satu ini, bisa kok bikin sendiri di rumah. Mari, intip resep pizza ala rumahan yang gampang dan lezat berikut ini.

Bahan-bahan:

250 gr tepung terigu

6 gr ragi

2 sdm gula pasir

1 sachet kecil susu bubuk yang dilarutkan dengan 150 ml air hangat 

5 sdm minyak sayur

½ sdm garam

Saus spaghetti

Margarin untuk olesan loyang

Bahan Topping:

Sosis, potong tipis-tipis

3 lembar beef burger

1 buah paprika

1 buah bawang bombay

½ bonggol besar jagung manis

Keju mozarella, bisa diparut atau potong-potong sesuai selera

Cara membuat:

- Campur ragi dan gula pasir ke dalam larutan susu hangat. Lalu, aduk sebentar dan diamkan kurang lebih 2-3 menit hingga larutan berbusa.

- Campurkan garam ke dalam tepung terigu, lalu tambahkan larutan susu tadi. Aduk rata sebentar dan lalu uleni hingga. 

- Masukkan minyak sayur ke dalam adonan dan uleni kembali hingga kalis. Selanjutnya, diamkan kurang lebih 24 menit hingga adonan mengembang. 

- Setelah mengembang dengan sempurna, bagi 2 atau bagi sesuai dengan ukuran loyang yang ada. Kemudian, olesi loyang dengan margarin dan masukkan adonan pizza ke dalamnya. Pipihkan adonan hingga ketebalannya sekitar 0,5-1 cm.

- Beri saus spaghetti di atas permukaan pizza. Tambahkan berbagai bahan topping di atasnya. 

- Panaskan oven kurang lebih 15 menit di suhu 200 derajat celcius, dan api atas bawah. Setelah itu, panggang pizza selama 20 menit dengan api atas bawah.  

- Jika sudah matang, jangan lupa potong-potong pizza sesuai selera agar bisa lebih mudah nikmati. Lalu, sajikan dan pizza ala rumahan siap disantap.

2. Risoles Mayo Keju Mozarella

Ide camilan weekend selanjutnya adalah risoles mayo keju mozarella. Makanan ringan satu ini memang begitu populer buat masyarakat Indonesia. Dari anak kecil, orang muda, hingga yang lanjut usia pun pasti akan doyan ketika menyantapnya. 

Buat kamu yang tertarik untuk menyajikan menu camilan enak ini, coba deh bikin sendiri di rumah dengan bahan-bahan pilihan dan tentunya lebih sehat. Berikut ini resepnya.

Bahan kulit:

150 gr tepung terigu

2 butir telur

1 siung bawang putih, haluskan

2 sdt garam

1 sdt kaldu bubuk

1 sdm minyak goreng

Air secukupnya

Bahan isi:

2 butir telur rebus, potong jadi 6 bagian

3 sosis ayam/sapi, potong jadi 4 bagian

Bawang bombay (boleh dilewati bila nggak suka)

Keju mozzarella sesuai selera

Mayonnaise sesuai selera

Saus sambal sesuai selera

Bahan lain:

1 butir telur, kocok lepas untuk baluran

7 sdm tepung roti/panir

Minyak secukupnya untuk menggoreng

Cara membuat:

- Campur semua bahan kulit. Aduk rata dengan menggunakan whisk sampai nggak ada lagi yang menggumpal atau bergerindil.

- Siapkan wajan anti lengket yang sudah dipanaskan. Cetak adonan kulit dengan wajan. Bikin kulit setipis mungkin.

- Setelah kulit risoles sudah jadi semua, masukkan bahan isisannya satu persatu. Dimulai dari sosis, telur, irisan bawang bombay, mayo, keju mozarella, dan saus sambal. 

- Lipat dua ujung kulit. Bisa kanan kiri atau atas bawah. Setelah itu, gulung pelan-pelan biar isian nggak keluar atau kececeran. Sebelum tertutup sempurna, jangan lupa untuk oleskan sedikit adonan kulit di ujungnya sebagai lem. 

- Setelah selesai menggulung, celupkan risoles ke dalam telur yang telah dikocok dan gulingkan di atas tepung roti. Goreng di minyak yang panas dan api sedang sampai warnanya berubah jadi emas kecokelatan. Angkat dan tiriskan. Sudah jadi deh risoles mayo keju mozarella yang super nikmat dan nagih.

3. Singkong Goreng Krispi

Camilan bukan sembarang camilan. Yup, apalagi kalau bukan singkong goreng krispi. Meskipun sering dianggap makanan rakyat yang sederhana, namun daya tarik dari camilan ini tetap saja bikin siapapun tergoda. Apalagi dengan teksturnya yang krispi di luar dan lembut di dalam, siapa coba yang nggak akan menyukainya? Daripada cuma bisa nelan air liur, cobain deh resep singkong goreng krispi di bawah ini. 

Bahan-bahan: 

500 gr singkong 

3-5 sdt garam

3 sdt kaldu bubuk

1 sdt merica bubuk

5 siung bawang putih, haluskan

3 siung bawang merah, haluskan

1 liter air biasa untuk merebus

Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:

- Potong singkong menjadi 2-3 bagian. Rebus singkong hingga empuk, kira-kira 15-20 menit. Untuk lamanya bisa lebih dari itu, tergantung dari singkong yang digunakan.

- Giling bawang putih dan bawang merah hingga halus. Jangan lupa tambahkan garam, kaldu bubuk, dan merica bubuk.

- Jika singkong sudah matang, jangan lupa dipotong lagi menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Ukurannya bisa menyesuaikan dengan selera masing-masing.

- Campurkan potongan singkong tersebut bersama dengan bumbu yang sudah dihaluskan. Aduk hingga rata.

- Panaskan minyak, dan goreng singkong hingga emas kecokelatan. Setelah itu sajikan dan santap selagi masih panas.

Well, itu tadi sejumlah ide camilan untuk momen weekend yang bisa kamu recook sendiri di rumah. Menariknya, kamu sudah nggak perlu repot-repot lagi keluar rumah hanya untuk mencari bahan-bahan masakan tersebut. Sebab, sudah ada ecommerce yang menyediakan semua kebutuhan kamu. 

Mau mencari bahan-bahan masak ada, dan peralatan memasak pun juga ada. Nggak cuma itu, bahkan di platform online ini pun, kamu bisa menemukan aneka kebutuhan harianmu, lho. Mulai dari skincare, fashion item, atk, dan lain sebagainya. Mau lebih untung? Tenang, di sini juga ada voucher gratis ongkir, potongan harga, hingga cashback yang menggiurkan. Bagaimana, tertarik untuk check out barang belanjaanmu sekarang?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading