Sukses

Food

Cara Jadul Menanak Nasi Pulen dan Lembut ala Jepang Tanpa Rice Cooker

Fimela.com, Jakarta Jika bicara tentang makanan, sepertinya kuliner Jepang menjadi salah satu favorit banyak orang di dunia, termasuk Indonesia. Salah satu budaya yang mungkin masih melekat sejak zaman dahulu adalah cara menanak nasi yang pulen tanpa rice cooker ala orang Jepang. Biasanya orang Jepang memiliki semacam trik tersendiri, cara tradisonal atau jadul alias zaman dulu untuk menghasilkan nasi putih yang lembut dan pulen tapi tanpa menggunakan penanak nasi elektronik.

Alat yang dibutuhkan hanya panci tebal beserta penutupnya. Jika ingin mencobanya, ini dia cara jadul menanak nasi pulen dan lembut ala jepang tanpa rice cooker.

1. Rendam beras

Pertama-tama, pilih beras yang masih baru, berkualitas baik dan jenis yang pulen. Bilas bersih beberapa kali hingga tidak keruh. Lalu rendam nasi selama 30 menit agar beras bisa menyerap air sehingga lebih lembut dan mudah matang saat dimasak nanti.

2. Gunakan panci tebal

Kunci menanak nasi ala Jepang yang pulen tanpa rice cooker adalah dengan panci yang tebal dan memiliki penutup yang berat, boleh terbuat dari logam atau pun kaca. Lebih mudah diamati jika tutup pancinya terbuat dari kaca. Akan lebih baik pula jika tutup panci memiliki lubang kecil di satu sisinya sebagai jalan keluar uap selama pemasakan nasi.

3. Masak dengan air secukupnya

Setelah direndam 30 menit, bilas lagi beras lalu tuang ke dalam panci. Tuang air secukupnya untuk menanak nasi. Takaran air versi "secukupnya" ini juga perlu diperhatikan. Tuang air hingga satu ruas jari di atas permukaan beras. Jadi gunakan jari telunjuk untuk mengukur ketinggian air. Untuk lebih detailnya, jika menggunakan 150 gram beras yang sudah dicuci (dalam keadaan basah), gunakan 200 gram air untuk menanaknya.

4. Gunakan api kecil

Nyalakan api dan tempatkan panci di atas kompor. Jika sudah mendidih, kecilkan api lalu tutup panci. Masak selama 10 menit tanpa membuka tutup panci. Kemudian matikan api dan diamkan selama 15 menit. Kemudian buk tutupnya untuk mengecek kemantangan nasi. Jika masih setengah matang, tutup panci lalu nyalakan lagi untuk menanak nasi selama 5 menit. Kemudian matikan api dan diamkan lagi.

5. Angkat nasi

Selama proses penanakan nasi jangan sering dibuka tutup pancinya agar uap panas bisa mematangkan nasi di dalamnya. Jika uap panasnya sudah keluar habis, baru boeh dibuka dan diaduk nasinya. Nasi pulen dan lembut ala Jepang siap disajikan.

Nikmati nasi lembut dan pulen ala Jepang dengan sayur dan lauk favorit.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading