Sukses

Food

Cara Membuat Sate Kambing yang Tidak Alot, Kuncinya di Bahan Ini

Fimela.com, Jakarta Sate kambing merupakan salah satu makanan favorit banyak orang, terutama di Indonesia. Rasanya yang gurih dan dagingnya yang empuk membuat sate kambing menjadi hidangan yang selalu dinanti-nantikan, baik untuk santap siang maupun malam.

Daging yang empuk dipadu dengan bumbu khas membuatnya menjadi sajian yang sangat disukai oleh banyak orang. Berikut ini cara membuat sate kambing yang empuk dan lezat. Yuk, simak cara membuatnya di bawah ini, Sahabat Fimela.

 

 

1. Siapkan Bahan-Bahan

Pastikan semua bahan yang diperlukan sudah tersedia dan dalam keadaan segar. Potong daging kambing menjadi dadu sesuai selera, dan iris tipis bawang merah untuk taburan. Sangat penting juga untuk menyediakan tusukan sate yang akan digunakan untuk menusuk daging.

Bahan-Bahan yang Diperlukan:

  • 500 gram daging kambing, dipotong dadu
  • 3 potong kecil nanas
  • 5 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok teh lada bubuk
  • 3 butir bawang merah, iris tipis untuk taburan
  • 3 butir jeruk purut

Bumbu Halus:

  • 7 butir bawang merah
  • 2 sendok makan ketumbar sangrai
  • 3 sendok makan gula merah
  • 1 sendok teh garam

 

 

2. Daging Kambing Dibaluri Parutan Nanas, Diamkan 15 Menit (Kunci Penting)

 

Ini kunci agar daging kambing empuk. Buah nanas bisa dipakai untuk mengempukkan daging kambing. Parut nanas sampai halus, kemudian balurkan parutan nanas pada potongan daging kambing. Diamkan selama 15 menit agar daging dapat meresap semua rasa dari parutan nanas. Proses ini akan memberikan rasa segar dan memperempuk tekstur daging.

 

 

3. Campur Daging Kambing dengan Bumbu Halus

Selanjutnya, campurkan potongan daging kambing dengan bumbu halus yang telah disiapkan sebelumnya. Pastikan bumbu merata tercampur dengan daging. Biarkan beberapa saat agar bumbu dapat meresap ke dalam daging.

 

 

4. Tusuk Daging Kambing dengan Tusukan Sate

Ambil tusukan sate dan tusukkan potongan daging kambing satu per satu hingga penuh. Pastikan tidak terlalu padat agar daging dapat matang merata saat proses pemanggangan.

 

 

5. Beri Lada Bubuk dan Kecap Manis

Setelah semua daging ditusuk, beri lada bubuk secukupnya dan lumuri dengan kecap manis. Bumbu ini akan menambah aroma dan rasa yang lezat pada sate kambing.

 

 

6. Panggang Sate Sambil Dibolak-balik Hingga Matang Merata

Panaskan grill atau panggangan, kemudian panggang sate kambing sambil dibolak-balik hingga matang merata dan berwarna kecokelatan. Pastikan untuk membalik sate secara berkala agar matangnya merata dan tidak gosong.

7. Sajikan Sate dengan Bawang Merah dan Air Perasan Jeruk Purut

Setelah sate matang, sajikan dengan taburan irisan bawang merah dan air perasan jeruk purut untuk memberikan aroma segar dan citarasa yang khas. Sate kambing siap disantap selagi hangat bersama dengan nasi putih atau lontong.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat membuat sate kambing yang empuk dan lezat di rumah dengan mudah.

Selamat mencoba dan semoga menjadi hidangan favorit keluarga!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading