Sukses

Food

3 Cara Memilih Singkong yang Merekah dan Empuk untuk Singkong Keju

Fimela.com, Jakarta Tidak banyak yang tahu bahwa pemilihan jenis singkong yang tepat ternyata juga sangat penting jika ingin membuat singkong keju yang merekah dan lembut, karena ternyata ada banyak jenis singkong yang umumnya dijual di pasar. Setidaknya ada 10 jenis singkong yang banyak dikenal di Indonesia dan beberapa singkong khusus digunakan untuk membuat kudapan tertentu, misalnya singkong untuk keripik berbeda jenisnya dengan singkong yang dibuat singkong keju, berbeda jenis pula yang digunakan untuk pembuatan tepung tapioka.

Karena itu, penting memilih singkong yang tepat untuk singkong keju agar mendapatkan hasil singkong keju yang diinginkan, khususnya merekah dan lembut saat dimakan. Ini dia cara memilih singkong untuk singkong keju.

1. Perhatikan kulitnya

Pilih singkong dengan kulit ari yang berwarna kemerahan. Biasanya, singkong keju yang hasilnya bisa merekah dan lembut berasal dari singkong merah dengan kulit terluar yang agak mengelupas-mengelupas sehingga terlihat kulit dalamnya berwarna kemerahan. Atau jenis singkong mentega yang teksturnya memang empuk, dan saat direbus akan berwarna agak kekuningan. Inilah singkong yang bagus untuk membuat singkong keju karena teksturnya cepat empuk dan gembur saat dimasak.

2. Pilih yang ukurannya sedang

Sebaiknya pilih singkong yang ukurannya sedang, karena lebih ideal untuk dimakan. Singkong yang terlalu besar dikhawatirkan akan terlalu keras atau berkayu saat digoreng sehingga kurang lembut saat dimakan. Tapi jika memang suka singkong yang besar, boleh saja mencoba membelinya. Pilih juga singkong yang tidak terlalu belok, pilih yang lurus saja.

3. Perhatikan kesegarannya

Singkong yang segar juga mampu memberikan hasil singkong keju yang lebih enak, lembut merekah tanpa perlu tambahan pengembang. Untuk mengetahui kesegarannya, cek kulit singkongnya. Jika kulit ari terlalu tipis dan tidak berair saat dikopek, berarti singkong termasuk yang sudah lama sehingga kurang segar. Cukup gunakan kuku jari untuk mengopeknya. Jika kulitnya sedikit basah ketika dikopek, berarti masih segar. Singkong yang segar cenderung tidak busuk, mbuki atau kehitaman bagian dalamnya.

Itu dia cara memiliki singkong yang tepat untuk singkong keju yang mudah merekah dan lembut saat digoreng.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading