Sukses

Health

5 Gejala Diabetes yang Sering Diabaikan Mulai dari Mudah Haus hingga Berat Badan Turun Drastis

Fimela.com, Jakarta Sama seperti dengan penyakit jantung, Diabetes seringkali disebut sebagai silent killer. Hal ini dikarenakan gejala diabetes banyak yang tidak menyadarinya. Seringkali penyakit ini disadari saat efeknya diketahui.

Padahal efek dari penyakit ini sangat membahayakan. Tak hanya menyerang usia tua, tapi juga usia muda. Pola hidup tidak sehat seringkali menjadi penyebab munculnya penyakit ini. Bahkan diabetes dapat menyebabkan kebutaan, obesitas, gagal ginjal, gastroparesis dan gangguan lainnya.

Agar lebih waspada sebaiknya kamu lebih waspada dan memahami gejala diabetes. Sahabat Fimela berikut ini adalah gejala diabetes yang sering diabaikan. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

 

1. Perut Mual

Karena tanpa insulin, tubuh akan menyerap lemak dan hal ini menyebabkan peningkatan keton di dalam tubuh. Meningkatnya keton inilah yang menyebabkan mual dan akhirnya muntah. Jika dibiarkan dan berlebih kadar keton dalam tubuh dapat menyebabkan diabetic ketoacidosis yang dapat mengancam jiwa bila tak segera ditangani dengan cepat.

 

2. Terjadi Kerusakan Pada Tubuh

Semakin tinggi kadar gula darah maka akan menyebabkan kerusakan saraf. tubuh akan menjadi mati rasa. Jika dibiarkan akan menyebabkan kelumpuhan dan berbahaya bagi kesehatan tubuh.

 

3. Mudah Haus dan Lapar

Saat seseorang kena diabetes, tubuhnya akan terus merasa lapar karena kadar insulin yang tidak seimbang. Padahal insulin ini punya fungsi penting mengeluarkan glukosa dari makanan ke dalam sel tubuh dan diubah jadi energi. Selain itu jadi mudah haus karena diabetes meningkatkan kadar gula darah dan menghambat ginjal menerima glukosa, sehingga membuat tubuh terus mengeluarkan urin. Kalau nafsu makan dan minum makin tidak terkendali, waspadai gejala diabetes.

 

4. Berat Badan Turun Drastis

Salah satu gejala khusus diabetes khususnya tipe 1 adalah berat badan turun drastis. Saat pankreas berhenti bekerja, tubuh mencari cara lain untuk memecah glukosa darah. Salah satu caranya adalah dengan memecah lemak di dalam tubuh yang mengakibatkan turunnya berat badan secara drastis.

 

5. Sering Buang Air Kecil

Tubuh yang kekurangan insulin akan membuat ginjal bekerja lebih keras. Hal ini dapat mengakibatkan frekuensi buang air kecil jadi meningkat.

Sahabat Fimela, lebih peka dengan kondisi tubuh akan membuatmu memahami perubahan tubuhmu. Pahami perubahannya karena yang paling mengetahui tubuh kita adalah diri kita sendiri. Semoga informasi ini bermanfaat.

What's On Fimela
Loading