Sukses

Parenting

5 Tips Menjaga Kehamilan Bila Ibu Mengidap Diabetes

Fimela.com, Jakarta Ibu yang mengidap diabetes tipe 1 atau tipe 2 perlu usaha ekstra keras untuk menjaga kehamilan. Agar bisa menjaga kesehatan selama hamil dan melahirkan bayi yang sehat, ibu perlu melakukan beberapa hal penting.

Tetap rutin berkonsultasi dan memeriksakan diri ke dokter merupakan hal wajib. Selain itu, ada baiknya kehamilan sudah direncanakan dengan baik setidaknya sejak dari 6 bulan sebelumnya. Menjaga berat badan tetap ideal pun perlu. Selain itu, ada lima tips penting lainnya yang perlu diikuti agar kehamilan tetap terjaga bila ibu mengidap diabetes.

1. Buat jadwal konsultasi dan kunjungan ke dokter

Semua jadwal konsultasi dan kunjungan ke dokter perlu dicatat dan direncanakan dengan baik. Jangan mengonsumsi sembarang obat. Obat yang dikonsumsi harus benar-benar dalam pengawasan dokter.

2. Cukupi kebutuhan makan sehat

Dikutip dari besthealthmag.ca, mencukupi kebutuhan makan sehat wajib dilakukan ibu hamil khususnya bila mengidap diabetes. Idealnya makan tiga kali sehari, lalu menikmati kudapan atau camilan sehat di antara waktu makan. Untuk sarapan, porsinya tidak perlu terlalu besar, karena pada pagi hari hormon kehamilan bisa menaikkan gula darah. Nutrisi seimbang yang cukup antara karbohidrat, protein, dan lemak tetap dibutuhklan ibu hamil yang mengidap diabetes. Sayuran dan buah-buahan segar bisa dijadikan pengganti kudapan yang lebih sehat.

3. Jalan kaki 10 menit setiap selesai makan

Untuk menstabilkan gula darah, bisa coba jalan kaki selama 10 menit setelah makan. Menurut Mayo Clinic, aktivitas fisik bisa menyalurkan glukosa ke sel-sel tubuh yang dapat digunakan untuk energi. Olahraga seperti berenang dan yoga juga bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan, tapi ada baiknya berkonsutasi dulu ke dokter agar dapat pengarahan yang tepat.

4. Selalu cek gula darah

Selama kehamilan, selalu monitor dan cek gula darah secara teratur. Dikutip dari webmd.com, gula darah tinggi di 13 minggu pertama kehamilan bisa meningkatkan risiko keguguran, komplikasi diabetes, dan caact lahir. Jadi jangan sampai kita melewatkan jadal untuk mengecek gula darah. Karena mengontrol gula darah ini merupakan cara paling penting untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan.

5. Konsumsi vitamin tambahan bila perlu

Bila perlu, ibu bisa mengonsumsi vitamin tambahan yang mengandung asam folat selama hamil. Bahkan sangat dianjurkan untuk sudah rutin mengonsumsi vitamin ini sebulan sebelum merencanakan kehamilan. Namun, ada baiknya tetap dalam pengawasan dokter, ya.

Memang perlu usaha dan upaya lebih keras untuk menjaga kehamilan bila ibu mengidap diabetes. Menjaga pola makan sehat, menghindari stres, dan mendapat istirahat cukup merupakan hal-hal mendasar yang perlu dilakukan ibu selama kehamilan.

 

 

Loading